ADVERTISEMENT

Wow! Stasiun Manggarai Bakal Punya 18 Jalur

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 02 Jul 2022 08:30 WIB
Rute baru KRL menyebabkan Stasiun Manggarai dipadati penumpang. Petugas hingga pasukan Brimob dikerahkan untuk mencegah kepadatan dan membantu penumpang.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Stasiun Manggarai bakal menjadi salah satu stasiun yang megah di Jakarta. Stasiun yang ada di Jakarta Selatan ini bakal disulap jadi stasiun sentral.

Tahap-tahap pembangunan Stasiun Manggarai pun terus dilakukan. Salah satu pengembangan besar yang dilakukan adalah penambahan jalur kereta, stasiun ini bakal memiliki belasan jalur yang mengakomodir kereta commuter line hingga kereta jarak jauh.

Direktur Operasi dan Pemasaran Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wawan Ariyanto menyatakan tahapan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral sangat panjang. Salah satunya adalah penerapan switch over alias perpindahan jalur kereta api.

Lewat switch over beberapa kereta yang lalu lalang di jalur yang ada di bawah stasiun dipindah ke rel layang yang ada di bangunan baru pada sisi barat stasiun.

"Yang perlu digarisbawahi adalah SO 5 ini bukan kebijakan tapi ini tahapan proyek. Saat ini SO 5, di mana SO 5 operasikan gedung baru tahap pertama," ungkap Wawan dalam diskusi publik virtual KRLmania, Jumat (1/7/2022).

Saat ini pembangunan lanjutan masih dilakukan di Stasiun Manggarai, salah satunya bangunan baru di sisi timur stasiun. Di bangunan itu akan ada tambahan rel layang alias elevated sebagai lanjutan proyek double-double track.

Bakal Punya 18 Jalur

Dengan sederet tahapan pembangunan ini nantinya jalur rel di Stasiun Manggarai bertambah banyak, dari cuma 7 jalur menjadi 18 jalur.

"Tadinya Manggarai hanya 7 sepur (jalur) sekarang nantinya kalau proyek jadi ada 18 sepur," ujar Wawan.

Dia menjelaskan di jalur bawah ada 8 lintasan yang akan digunakan untuk kereta bandara, kereta barang, dan commuter line. Kemudian untuk jalur rel layang akan digunakan untuk kereta jarak jauh dan commuter line.

"Ini gambarannya nanti Stasiun Manggarai kalau sudah jadi di bawah 8 sepur di atasnya 10 sepur," ungkap Wawan.

Wawan mengatakan akan ada tiga kali switch over lagi yang dilakukan dalam rangka tahapan membuat Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral. Salah satunya akan dilakukan akhir tahun ini, namun switch over yang dilakukan tidak akan membuat perubahan rute, hanya saja akan ada tambahan jalur di stasiun bawah.

"Setelah itu akan ada switch over 7 dan 8 lagi, ini mungkin diperkirakan selesai 2025 dan ini akan membuat operasi kereta api berjalan normal karena ada tambahan jalur baru," ungkap Wawan.

(hal/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT