ADVERTISEMENT

Ini Daftar Jasa Rusia yang Disinggung Putin Saat Bertemu Jokowi

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 02 Jul 2022 21:45 WIB
Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal jasa Rusia yang telah banyak membantu Indonesia sejak awal kemerdekaan. Peran Rusia saat negara itu masih bernama Uni Soviet.

"Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa negara kita membantu Indonesia membangun kenegaraan dan memperkuat posisi republik muda di kancah internasional," katanya dalam sambutannya bersama Jokowi, dikutip Sabtu (2/7/2022).

Dalam catatan sejarah, Rusia pada tahun 1945 sampai 1950 membangun Indonesia untuk mencari pengakuan dunia internasional atas kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Rusia yang kala itu masih Uni Soviet merupakan salah satu negara yang menyambut baik lahirnya Indonesia sebagai negara merdeka dan Uni Soviet mengecam segala bentuk kolonialisme. Tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan RI mengharapkan dukungan dan bantuan dari Uni Soviet.

"Di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Uni Soviet berkali-kali mengangkat masalah Indonesia dan menuntut PBB untuk menghentikan agresi militer Belanda, serta menghimbau dunia internasional untuk mengakui Indonesia sebagai negara yang merdeka," tulis catatan dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri, dikutip Sabtu (2/7/2022).

Kemudian, Putin juga sempat menyinggung berbagai pembangunan infrastruktur yang merupakan bantuan Rusia. Mulai dari fasilitas transportasi, infrastruktur industri besar, stadion, rumah sakit, dan institusi penting lainnya.

Nah, keterangan yang diucapkan Putin benar adanya. Hal itu tercatat dalam sejarah di mana hubungan Indonesia dan Rusia makin mesra pada 1956-1962. Tahun itu disebut merupakan puncak kemesraan hubungan Indonesia dan Rusia.

Kemesraan kedua negara ditunjukkan dengan saling berkunjung satu sama lain. Kemudian hasil kunjungan itu tercipta kesepakatan-kesepakatan di berbagai bidang, baik politik, ekonomi, sosial budaya, kemanusiaan, maupun militer, seperti pengucuran bantuan dana, pembangunan berbagai proyek dan pemasokan peralatan militer dari Uni Soviet untuk Indonesia.

Adapun proyek-proyek pembangunan yang mendapatkan bantuan dari Rusia, di antaranya pembangunan Rumah Sakit Persahabatan, stadion Gelora Bung Karno, dan Hotel Indonesia.

Lebih lanjut, ada pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan, jembatan dan lapangan terbang di sejumlah daerah, pembangunan pabrik baja dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Resa Boenard si "Princess Bantar Gebang"

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT