ADVERTISEMENT

Penjelasan Lengkap Kemenhub soal LRT Jabodebek Batal Meluncur Agustus

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 06 Jul 2022 20:47 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan LRT Jabodebek pada 17 Agustus mendatang.
Foto: Kereta Api Indonesia: LRT Jabodebek batal meluncur Agustus 2022
Jakarta -

Soft launching LRT Jabodebek batal berlangsung Agustus 2022. Rencananya pada Agustus nanti hanya dilakukan ceremonial showcase atau memamerkan rangkaian LRT.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/7/2022).

"Agustus mungkin sifatnya hanya showcase saja. Kami belum bisa merilis apapun terkait pengoperasian atau commercial operating date-nya," kata Zulfikri.

Zulfikri menjelaskan pengoperasian LRT Jabodebek tidak hanya ingin dilakukan dalam waktu cepat, melainkan juga menjamin pengoperasiannya aman dan nyaman.

"Oleh karenanya kami sekarang tengah mengupayakan pendampingan dari konsultan Internasional bagaimana kita bisa meyakinkan bahwa pengoperasian LRT Jabodebek ini nanti benar-benar safe, ini yang kita kawal," katanya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan LRT Jabodebek akan melakukan soft launching pada 17 Agustus 2022.

"Di 17 Agustus kita harapkan menjadi soft launching akan kita lakukan. Jadi semua berjalan dengan bagus," terang Luhut usai meninjau progres depo LRT Jabodebek di Bekasi, Jumat (1/3/2022).

Pengoperasian LRT Jabodebek sudah kerap molor dari beberapa tahun lalu. Proyek yang dimulai dari 2015 lalu ini mulanya ditargetkan selesai pada 2019, namun molor hingga saat ini belum juga rampung.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT