ADVERTISEMENT

Rincian 26 Proyek Jalan hingga Jembatan yang Bakal Digeber

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 22:37 WIB
Pekerja dibantu alat berat memperbaiki Jalan Semboja-Sepaku yang sempat rusak di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). Jalan tersebut merupakan akses menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A: Pembangunan akses jalan ke IKN Nusantara dari Balikpapan
Jakarta -

Pemerintah memiliki beberapa proyek dengan melibatkan badan usaha (KPBU/Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha). Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, ada 26 proyek yang masuk tahap penyiapan.

Rinciannya, 13 proyek jalan dan jembatan, yaitu jalan pendukung IKN, OM Suramadu, Jalan Akses Exit Toll, Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta, Jalan Tol Demak-Tuban, dan Jalan Tol Ngawi-Bojonegoro-Babat.

Kemudian, Jalan Tol Jember-Lumajang, Jalan Tol Jember-Situbondo, Jalan Tol Tulungagung-Kepanjen, Jembatan Pulau Laut-Tanah Bumbu, Jembatan Muna Buton, Jalan Tuban-Babat-Gresik, dan Jalan Tol Kohod-Lebakwangi.

"Kemudian dari sektor Sumber Daya Air (SDA) ada 6 proyek dalam penyiapan meliputi, Bendungan Merangin di Jambi, PLTS Tiga Dihaji (Sumsel), Revitalisasi dan Modernisasi irigasi sistem interkoneksi HLD wilayah sungai (WS) Lombok, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dan PLTS Bendungan Rotiklot (NTT), PLTMH dan PLTS bendungan Napun Gete (NTT) serta DI Komering (Sumsel)," terang Herry dikutip dari keterangan tertulis Kementerian PUPR, Jumat (8/7/2022).

Pada sektor perumahan terdapat 2 proyek rumah susun (rusun) yang ditawarkan lewat skema KPBU dalam tahap penyiapan ada Rusun Karawang Spuur dan Rusun IKN Tahap I. Sedangkan pada sektor permukiman, terdapat 5 proyek yang sedang disiapkan, yaitu Pendampingan Penyiapan KPBU TPA Manggar (Balikpapan), Pendampingan Penyiapan KPBU SPAM Regional Jatigede (Jabar), SPAM Jatiluhur II (Ir. H.Juanda)-Jabar dan DKI Jakarta.

Kemudian Pendampingan Penyiapan KPBU SPAM Ayung terintegrasi dengan SPAB Sidan (Bali) dan Pendampingan Penyiapan KPBU SPAM dan SPAB Karian Barat (Banten).

Proyek KPBU tahap transaksi di halaman berikutnya. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT