ADVERTISEMENT

Stadion Multifungsi Lagi Dibangun di GBK, Maret 2023 Kelar

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 09 Jul 2022 22:59 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) berbincang dengan Menpora Zainudin Amali (kanan) dan Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat meninjau proyek pembangunan Indoor Multifunction Stadium di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta, Jumat (8/7/2022). Pembangunan stadion seluas 30.720 meter persegi dengan kapasitas pengunjung sebanyak 16.500 orang tersebut ditujukan untuk mendukung pelaksanaan Piala Dunia Basket (FIBA) 2023 mendatang dan ditargetkan rampung pada bulan Juni 2023. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Jakarta -

Pembangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) yang berada tidak jauh dari GOR Indoor Basket Hall A Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) sedang berlangsung. Stadion multifungsi ini dibangun sejak Desember 2021 guna mendukung pelaksanaan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan hingga awal Juli 2022 progres konstruksi stadion sudah mencapai 32% atau lebih cepat dari rencana sebesar 3,3% dengan target rampung sesuai kontrak Maret 2023.

"Secara kontraktual selesai Maret 2023, tetapi akan diselesaikan lebih cepat mudah-mudahan Desember 2022 selesai. Diharapkan dengan pembangunan stadion ini kualitasnya GBK akan lebih baik dan lebih hijau," ujar Basuki dikutip situs Kementerian PUPR, Sabtu (9/7/2022).

Menurut Basuki, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana olahraga bola basket tersebut merupakan bagian dari dukungan pembinaan atlet untuk berprestasi di tingkat internasional.

Dia berharap stadion yang sudah dibangun dengan biaya APBN bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk pembinaan prestasi atlet Indonesia.

"Kenapa konsepnya multifungsi, jadi bisa untuk konser atau olahraga. Tadi disampaikan teknologinya teleskopik tribun. Ini di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi untuk bisa membiayai sendiri dalam rangka pemeliharaan," terang Basuki.

Di halaman berikutnya tentang Stadion Indoor Multifungsi. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT