ADVERTISEMENT

Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi, Tapi Terbatas untuk Militer

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 12 Jul 2022 10:14 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma/Ilyas Fadhillah
Foto: Bandara Halim Perdanakusuma/Ilyas Fadhillah
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan uji coba runaway di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (12/7/2022). Budi yang tiba di Halim jam 7 langsung naik ke pesawat capung PK-CAP Beech B300 King Air 350i.

"Tadi saya baru melakukan tes trial yang kemarin sudah didahului oleh CN 235 dan Boeing. Kami melakukan take off landing yang begitu mulus," kata Budi kepada Wartawan, Selasa (12/7/2022).

Pada kesempatan yang sama, Budi mengatakan jika Bandara Halim Perdanakusuma mulai dibuka kembali hari Rabu, 13 Juli 2022. Namun, pembukaan bandara Halim Perdanakusuma masih terbatas untuk kebutuhan militer.

"Kita putuskan ini sudah bisa digunakan. Mulai besok kita akan gunakan untuk military. TNI AU akan me-manage ini selama masa 2 bulan," ujar Budi.

Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) Marsdya TNI AU Andyawan Martono mengkonfirmasi berita tersebut.

"Ini bisa digunakan pada hari Rabu, 13 Juli 2022, namun terbatas untuk training dan latihan militer," ungkapnya. Andyawan mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan bandara Halim Perdanakusuma untuk melatih penerbang dan awak pesawat TNI AU.

Di sisi lain, Budi menganggap jika perbaikan yang dilakukan selama 4 bulan terakhir tidak sekedar membuat landasan atau runaway. Proses tersebut juga untuk mengevaluasi hal-hal yang harus diperbaiki, termasuk daya dukung tanah, drainage, dan sebagainya.

Budi menilai proses ini cukup singkat mengingat ada beberapa konstruksi yang sulit dikerjakan. Namun, kondisi Halim Perdanakusuma saat ini disebutnya sudah baik, bahkan bisa digunakan segala pesawat, termasuk Boeing 777 yang membutuhkan kualifikasi runaway yang sangat rigid.



Simak Video "Bandara Halim Tutup Sementara, Penerbangan Dipindah Ke 5 Bandara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT