ADVERTISEMENT

ABG-nya Invasi Sudirman, Gimana Kondisi Infrastruktur Bojong dan Citayam?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 21 Jul 2022 11:58 WIB
Sejumlah calon penumpang KRL mengantre di Stasiun Citayam, Depok, Jawa Barat, Senin (3/1/2022). Antrean tersebut terjadi masih adanya pembatasan kapasitas pengguna KRL serta hari pertama masuk kerja usai libur tahun baru 2022. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.
Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA
Jakarta -

Beberapa waktu terakhir heboh pemberitaan terkait anak-anak muda dari Citayam dan Bojong Gede yang meramaikan kawasan Sudirman-Thamrin.

Bahkan sampai dijuluki Citayam Fashion Week karena mereka adu outfit di dekat stasiun Sudirman dan stasiun BNI City.

Dengan ramainya anak muda Citayam dan Bojong Gede di Sudirman ini, sebenarnya bagaimana kondisi infrastruktur di daerah tempat tinggal mereka itu?

detikcom kali ini mendatangi daerah Citayam dan Bojong Gede. Dari pantauan detikcom Citayam sudah menjadi salah satu tempat yang padat penduduk.

Apalagi di wilayah dekat stasiun Citayam sisi barat. Memang masih ada lahan yang digunakan untuk menanam sayuran seperti bayam, genjer sampai masih ada empang-empang di daerah tersebut. Kondisi jalan raya terlihat cukup baik meskipun ada lubang-lubang yang sedikit mengganggu.

detikcom juga melewati setu atau danau Citayam. Memang setu ini tidak terlalu ramai, hanya ada beberapa pedagang seperti penjual ketoprak dan cilok. Stasiun makin dekat, terlihat dari tanda penitipan motor dan banyaknya penjual cemilan.

Kemudian detikcom menuju stasiun bagian depan dan harus melalui pasar Citayam. Aroma khas pasar menyeruak ketika detikcom menyusuri pasar tersebut.

Banyak angkot yang berhenti untuk menurunkan atau menunggu penumpang naik. Lalu lalang orang yang berbelanja juga meramaikan pasar Citayam.

Sebelum sampai di stasiun posisi depan, detikcom harus melewati rel perlintasan kereta. Karena kereta akan lewat, jadi orang yang akan melintas harus menunggu dan mengantre sambil mendengarkan suara sirine kereta. Kereta arah Bogor dan arah Jakarta akhirnya lewat. detikcom melalui perlintasan kereta itu dan sampai di stasiun sisi depan.

Suasana tidak terlalu ramai, karena memang sudah pukul 09.00 WIB, jadi bukan kategori jam sibuk. Di dekat stasiun ini banyak pedagang elektronik, pakaian, buah-buahan, warung makan sampai cemilan.

Sekadar informasi Citayam masuk dalam wilayah Depok, Jawa Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Jadi ada sebagian daerah yang masuk Depok dan masuk ke Kabupaten Bogor.

Misalnya seperti Setu Citayam yang masuk ke Kelurahan Bojong Pondok Terong masuk ke Kecamatan Cipayung Depok. Lalu untuk Desa Ragajaya Citayam masuk ke Tajurhalang Kabupaten Bogor.

Fasilitas kesehatan di Citayam ada klinik dan Rumah Sakit Citama. Kemudian juga ada sekolah dasar negeri dan SMP negeri di daerah Citayam.

Sedangkan untuk Bojong Gede memiliki fasilitas umum Taman Perubahan. Untuk fasilitas kesehatan terdekat ke RS Harapan Sehati yang terletak di Jalan Baru menuju Cibinong.

Untuk pusat perbelanjaan, bisa ke Cibinong City Mal (CCM) atau ke AEON Sentul, Indogrosir sampai bisa ke Bogor.

Sama seperti Citayam akses jalan di Bojong Gede juga tak terlalu besar. Banyak angkot yang berhenti di pinggir jalan untuk menunggu penumpang.

Kita juga harus melewati pasar dan kantor Camat Bojong Gede jika ingin menuju stasiun. Sesampainya di depan stasiun, sudah banyak angkot dan ojek yang ngetem menunggu penumpang.

Lihat juga video 'Bentuk Dukungan Tokyo Fashion untuk 'Citayam Fashion Week'':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT