ADVERTISEMENT

Eropa Panas Banget! Rel Kereta di Belanda Sampai Bengkok

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 22 Jul 2022 12:00 WIB
rel kereta di bandara bengkok
Foto: Dok. Prorail

Selain menyebabkan rel bengkok, kata Widoyoko, suhu ekstrim juga menyebabkan beberapa sistem pengaman tidak bekerja, sehingga sejak pukul 16:00 lalu lintas dari dan ke stasiun Rotterdam central untuk sementara dihentikan.

Ia menambahkan, insiden lain terjadi di kota Haarle di mana sebuah rangkaian KA mogok dan AC tidak bekerja sehingga suhu dalam kereta panas sekali. Regu dari incidentenbestrijding berhasil mengevakuasi seluruh penumpang dan memindahkan ke bus untuk melanjutkan perjalanan.

Menurutnya, untuk mengantisipasi meningkatnya suhu rel pada musim panas, perkeretaapian Jerman dan Italia sedang melakukan berbagai percobaan, di antaranya dengan mengecat rel dengat cat putih. Warna putih ini akan memantulkan sinar matahari sehingga suhu rel pun tidak naik.

rel kereta di bandara bengkokRegu incidentenbestrijder dari Prorail Foto: Dok. Prorail

Insiden rel bengkok karena pengaruh suhu di Indonesia termasuk jarang terjadi karena suhu di Indonesia relatif stabil antara 30 - 33 derajat celcius, dan para perancang jalan rel di Indonesia sudah mengantisipasi hal ini.

"Sedangkan perubahan suhu di Eropa khususnya Belanda, saat ini bisa berkisar antara -10 di musim dingin hingga 40 derajat C di musim panas," ujarnya.


(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT