ADVERTISEMENT

Sambut G20, Bandara Ngurah Rai & Soekarno Hatta Dipercantik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 22 Jul 2022 20:50 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur di Provinsi Bali dalam rangka mendukung persiapan presidensi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 mendatang. Salah satunya adalah pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk mempermudah akses tamu KTT G20.
Foto: Dok. Kementerian PUPR: Mengintip Pembangunan Terminal VVIP KTT G20 Bandara Ngurah Rai

Sebagai bentuk komitmen dalam melaksanakan pariwisata ramah lingkungan, bandara ini akan menggunakan energi hijau dan menerapkan aspek keberlanjutan. Angkasa Pura I dan Angkasa Pura Property sudah melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"PLTS ini dapat menghemat penggunaan energi sebesar 218.800 kWh, pengurangan emisi CO2 sebesar 204.038 kg atau 57.022 liter BBM premium. Pembangunan PLTS di salah satu bandara Angkasa Pura I ini merupakan bentuk komitmen dalam pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di seluruh bandara yang dikelolanya," jelas Dony.

Pada Bandara Soekarno Hatta, alur kedatangan delegasi G20 akan memperhatikan regulasi yang ada. Di bandara itu akan tersedia fasilitas hospitality lounge yang didukung oleh Bank Indonesia dan terletak di area kedatangan internasional Terminal 3 guna memberikan asistensi terkait penanganan kebandarudaraan bagi para delegasi.

Di hospitality lounge akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh serta pemantauan kesehatan oleh personel KKP Kementerian Kesehatan termasuk validasi dokumen kesehatan.

Selain itu, para delegasi yang baru tiba juga akan mengisi formulir melalui aplikasi Health Protocol Readiness (HORE) yang terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi untuk pendataan digital ketibaan para delegasi. PT Angkasa Pura II juga menyediakan aplikasi digital yang bisa diunduh di iOS dan Android untuk menunjang kenyamanan perjalanan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, para stakeholders, pemerintah daerah dan lembaga terkait atas kerjasamanya sehingga semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Kita harapkan semua bisa rampung pada awal bulan Oktober 2022 dan sudah bisa digunakan untuk menyambut tamu negara," ujar Dony


(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT