ADVERTISEMENT

8 Proyek Ditendang dari PSN, Ada Bandara Bali Utara

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 16:38 WIB
Bandara Bali Utara
Foto: detik
Jakarta -

Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) bakal mencoret 8 proyek dari Proyek Strategi Nasional (PSN). Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan, hal ini akan diatur oleh Permenko Nomor 9 Tahun 2022.

Wahyu membocorkan beberapa proyek yang bakal dicoret. Beberapa di antaranya adalah Bendungan Tiro di Aceh, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-api di Sumatera Selatan, Proyek Kereta Api di Kalimantan Utara, Inland Waterway Cikarang-Bekasi-Laut Jawa (CBL), dan Bandara Bali Utara.

Dari data Kemenko Perekonomian, menjelang semester II 2022, terdapat perubahan atas daftar PSN yang mengubah 208 proyek dan 10 program menjadi 200 proyek dan 12 program.

"Beberapa proyek yang keluar ini tentunya karena saran dari pak Menteri, atau ada salah satu contoh bendungan di Aceh yang ditolak masyarakat," ungkap Wahyu dalam konferensi persnya, Selasa (26/7/2022).

Wahyu memaparkan, masyarakat di sekitar Bendungan Tiro menolak pembangunan proyek tersebut. Pemerintah memutuskan mencoret proyek tersebut dan mencari lokasi yang baru. Menurutnya jika proyek tersebut dipaksakan maka dapat menimbulkan keramaian.

Sementara itu, CBL dicoret dari PSN karena kajiannya yang tak kunjung selesai. Lalu, KEK Tanjung Api-api juga dicoret karena progresnya yang dinilai kurang oleh pemerintah. Padahal, pemerintah sudah mewanti-wanti agar KEK Tanjung Api-api bisa mengalami perkembangan.

Wahyu menjelaskan jika Jokowi menginstruksikan agar proyek yang tidak mengalami progres untuk dikeluarkan dari PSN. Proyek akan dilanjutkan namun tidak lagi menjadi prioritas PSN.

"Bukan berarti proyek tersebut tidak dikerjakan, tapi pace-nya akan berbeda. Karena banyak masalah yang menyebabkan butuh effort lebih besar sehingga 2024 tidak terselesaikan," pungkas Wahyu.



Simak Video "Ratas PSN, Jokowi: Prioritaskan yang Berdampak Langsung ke Ekonomi Rakyat"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT