ADVERTISEMENT

Penampakan Skywalk Kebayoran Lama yang Nyambung Halte Trans J-Stasiun KRL

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 29 Jul 2022 11:29 WIB
Skywalk Kebayoran Lama
Foto: Shafira Cendra Arini
Jakarta -

Pemerintah Jakarta tengah menjalankan program pembangunan fasilitas Skywalk untuk para pejalan kaki di beberapa lokasi di Ibu Kota. Salah satu di antaranya yaitu skywalk di kawasan Halte Velbak, Kebayoran Lama.

Penasaran dengan sejauh apa proses pembangunan yang telah berjalan di kawasan ini, pada Jumat (29/07/2022) pagi hari, detikcom langsung mencoba menelusuri jalanan di kawasan Kebayoran Lama tersebut.

Beberapa meter dari Halte Velbak, telah nampak seng-seng pembangunan yang berdiri menutupi lahan-lahan galian proyek. Terlihat logo berwarna merah bertuliskan Abadi Prima Inti Karya terpasang di setiap seng tersebut, sebagai developer proyek yang bekerjasama dengan Dinas Bina Marga DKI. Gemuruh suara mesin proyek pun bersahutan dengan suara klakson dan mesin kendaraan di jalanan ibu kota.

Suasana terasa sangat ramai, dengan sekitar 25 pekerja bangunan yang tersebar di area jalanan itu. Di sisi kiri dan kanan jembatan penyebrangan yang terhubung ke Halte Velbak pun, terlihat kerangka lift telah berdiri dengan kokoh. Meski pembangunan telah dilakukan selama beberapa bulan, Halte Velbak tetap beroperasi normal.

Skywalk Kebayoran LamaSkywalk Kebayoran Lama Foto: Shafira Cendra Arini

Seorang penjual nasi gudeg yang berjualan tepat di sisi jembatan penyebrangan itu, Masal mengatakan, jembatan ini nantinya akan terhubung dengan Halte Trans Jakarta Kebayoran dan Stasiun Kebayoran dengan jarang sekitar 500 meter.

"Di Halte TJ sebelah sana (Kebayoran) juga lagi dibangun seperti ini. Nanti katanya nyambung ke sana, dan nyambung lagi ke Stasiun Kebayoran," ujar Masal kepada detikcom, Jumat (29/07/2022).

Dan benar saja, sepanjang jalan menuju ke Halte TJ Kebayoran itu, terlihat beberapa tiang-tiang rangka telah berdiri di tengah jalan. Dengan demikian, Skywalk ini akan mempermudah para pejalan kaki yang transit untuk berganti kendaraan.

Menurut informasi yang beredar, Masal tersebut menambahkan, selain dibangun lift dan Skywalk, juga akan dibangun tangga otomatis atau eskalator. Tentunya keberadaan lift ini nantinya akan sangat membantu orang disabilitas dan para lansia, baik yang ingin menyebrang ataupun menggunakan fasilitas TJ.

Pembangunan Skywalk ini juga merupakan salah satu langkah Pemerintah DKI untuk membangun sistem transportasi yang terintegrasi. Seperti halnya proyek yang telah selesai di kawasan Blok M.



Simak Video "Merasakan Tempat 'Healing' yang Lagi Viral di Tengah Kota Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT