ADVERTISEMENT

Tiket Kereta Cepat Mulai Rp 250.000, JKT-BDG Cuma 30 Menitan!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 03 Agu 2022 10:32 WIB
Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung terus dikebut. PT KCIC pun mengklaim progres pembangunan proyek kereta cepat itu sudah mencapai 77,92 persen.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kereta Cepat Jakarta-Bandung rencananya bakal dioperasikan tahun depan. Meski begitu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan dalam waktu dekat tes dinamis kereta cepat dapat dilakukan pada November 2022, bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia.

Persiapan layanan pun terus dilakukan termasuk perhitungan tiket yang akan dipasarkan kepada masyarakat. VP Public Relations KAI Joni Martinus menyatakan kemungkinan tarif yang akan dikenakan berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 350.000 per orang.

"Namun saat ini tarif tersebut masih terus kami kaji dalam berbagai aspek," kata Joni dalam keterangan resminya, Rabu (3/8/2022).

Dengan ongkos sebesar itu, penumpang dapat merasakan layanan kereta dengan kecepatan maksimal yang dapat ditempuh 350 km per jam. Tak sampai sejam, kereta cepat bisa mengantarkan penumpang dari Jakarta sampai Bandung.

"Maka, waktu tempuh Jakarta - Bandung atau sebaliknya yaitu 36-45 menit saja," ujar Joni.

Saat ini, progres investasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai 85%. Sementara itu, progres fisiknya telah mencapai 76%. Kereta cepat akan beroperasi di jalur ganda sepanjang 142,3 km yang akan berhenti di 4 stasiun yaitu Stasiun Halim (Jakarta), Karawang, Padalarang, dan Tegalluar (Bandung).

Joni menjelaskan, satu rangkaian kereta cepat terdiri dari 8 kereta dengan kapasitas sebanyak 601 pelanggan. Adapun kelas pelayanannya terbagi menjadi VIP Class sebanyak 18 pelanggan, First Class sebanyak 28 pelanggan, dan Second Class sebanyak 555 pelanggan.

Rancangan kereta cepat berjenis KCIC400AF terinspirasi dari satwa khas Indonesia yaitu komodo, dengan warna dominan merah dan putih. Harapannya, identitas Indonesia langsung muncul saat melihat desain kereta tersebut.

Pada bagian interiornya, seperti di kursi terdapat sentuhan motif mega mendung khas Cirebon karena sebagian besar lintasan kereta cepat melintasi wilayah Jawa Barat.

"Hadirnya Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung akan menjadikan Indonesia memiliki layanan kereta api cepat pertama di ASEAN. Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat yang ingin bepergian dengan cepat, aman, dan nyaman diantara kedua wilayah tersebut," papar Joni.

Simak juga video 'Kata Luhut Soal Jebakan Utang China di Balik Proyek Kereta Cepat':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT