ADVERTISEMENT

Heboh Kereta Jadul 'Harry Potter' di Atas Rel Kereta Cepat, Ini Faktanya

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 12:20 WIB
Rangkaian Kereta di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Foto: Dok. @foodnotestories
Jakarta -

Warga dunia maya dihebohkan dengan adanya rangkaian kereta yang berada di jalur rel kereta cepat Jakarta-Bandung. Hal yang bikin heboh adalah bentuk kereta itu tidak seperti kereta cepat mayoritas di dunia yang berbentuk futuristik.

Kabar itu salah satunya dibagikan akun milik Food Blogger Amelia Christianti atau @foodnotestories. Dia mengunggah video kereta yang berada di jalur rel kereta cepat Jakarta-Bandung, yang menurut narasi video itu lokasinya dekat dengan rumahnya.

"Asli gini atau cuma contoh yaaa?," tulis Amelia.

Postingan itu sudah mendapatkan 3.075 suka dan 190 komentar. Sama seperti Amelia, sebagian besar komentar justru tertarik dengan bentuk kereta tersebut yang dibilang unik dan klasik. Bahkan ada yang bilang seperti kereta dalam film Harry Potter.

detikcom pun mencoba mengonfirmasi ke pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Ternyata kereta itu merupakan lokomotif untuk pemasangan rel yang bernama Locomotive DF4B.

"Ini loco untuk proses track laying atau pemasangan rel. Namanya locomotive DF4B," terang Manager Corporate Communication KCIC Deni Yusdiana kepada detikcom, Senin (8/8/2022).

Menurut hasil penelusuran, Locomotive DF4B merupakan lokomotif yang dulu banyak digunakan di China. Kereta ini diproduksi sejak 1969.

Kini pihak China menggunakan lokomotif tersebut untuk proses pembangunan rel kereta cepat Jakarta-Bandung di Indonesia.

"Untuk menarik rangkaian track laying machine, sleeper dan rel," terang Deni.



Simak Video "Penampakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Tanjung Priok"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT