ADVERTISEMENT

Tol Serang-Panimbang Dibangun Pakai Utang China, Luhut: Jangan Sampai Mubazir!

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 13:59 WIB
Tim Sukses Jokowi-JK, Jenderal (Purn) Luhut Panjaitan, menjadi nara sumber diskusi yang diadakan oleh Yehuda Gospel Ministry di Kelapa Gading Trade Center, Jakarta Utara, Kamis (19/6/2014) malam. Ia pun berbicara mengenai sosok capres Prabowo Subianto.
Menko Luhut Binsar Pandjaitan/Foto: Herianto Batubara
Jakarta -

Peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunanTol Serang-Panimbang seksi 3 (Cileles-Panimbang) dilakukan pada Senin, 8 Agustus 2022. Acara ini dihadiri sejumlah pejabat, termasuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut menargetkan proyek tol Jalan Tol Serang-Panimbang secara keseluruhan dapat beroperasi pada kuartal pertama 2024. Ia pun berharap proyek tol ini tidak disia-siakan saat sudah selesai.

"Duit yang kita dapat pinjam dari China ini jangan sampai mubazir," kata Luhut saat menyampaikan pidatonya di Exit Panimbang Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin (8/8/2022).

Sebagai informasi, tol seksi 3 Jalan Tol Serang-Panimbang (Cileles - Panimban) memakan anggaran sekitar Rp 4,6 triliun. Sementara itu, melansir laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), untuk seksi 1 dan 2 Serang Cileles sepanjang 50,67 km memakan biaya investasi sebesar Rp 8,58 triliun.

Terkait hal ini, Luhut minta infrastruktur di sekitar Kawasan Ekonomi Eksklusif (KEK) Tanjung Lesung juga ikut dikembangkan. Misalnya, dengan membangun hotel bintang 5 dan bintang 4 dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. Dengan demikian maka penyerapan wisatawan di KEK Tanjung Lesung bakal lebih optimal.

Hadirnya jalan Tol Serang-Panimbang diklaim mampu mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Tanjung Lesung dari sekitar 5 jam menjadi hanya 2 jam saja.

"Saya berharap dengan jadinya jalan (Tol Serang-Panimbang) ini akan menjadi tourist destination yang bagus, karena jaraknya dengan Jakarta hanya 2 jam. Saya kira ini perlu didorong," sambungnya.

Selain KEK Tanjung Lesung, hadirnya tol ini juga akan mendongkrak perekonomian di Banten. Luhut memprediksi pertumbuhan ekonomi di Banten akan naik di atas 6% dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai informasi, jarak proyek Tol Serang-Panimbang ke KEK Tanjung Lesung adalah sekitar 13 km, dengan waktu tempuh 15-20 menit. Infrastruktur menuju KEK Tanjung Lesung pun terus diperbaiki dengan beberapa ruas yang mengalami pelebaran jalan.



Simak Video "Gegara Nyanyi 'Manis di Bibir', Pria di Tasik Dibacok Temannya"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT