ADVERTISEMENT

9 Proyek Bendungan Selesai Tahun Ini

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 19:45 WIB
Wisata Waduk Cirata di Kabupaten Bandung Barat
Foto: Whisnu Pradana/detikJabar
Pandeglang -

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja mengatakan sembilan proyek bendungan akan selesai tahun ini. Ia menyebut proyek bendungan mendukung instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait ketahanan pangan.

"Saya kira yang terus kita lanjutkan, utamanya kan ketahanan pangan ya. Pak Presiden itu sangat concern pada ketahanan pangan, jadi pembangunan bendungan kita lanjutkan, pembangunan irigasi, rehab irigasi kita teruskan, baik yang intensifikasi maupun lahan-lahan baru," katanya saat ditemui di Tanjung Lesung Pandeglang, Banten, Senin (8/8/2022).

Endra menambahkan 21 dari 61 proyek bendungan sudah dituntaskan pemerintah. Tahun ini ada lagi sembilan bendungan yang akan diselesaikan.

"Itu dari 61 bendungan, 29 sudah kita tuntaskan. Tahun ini masih ada 9 lagi. Mudah-mudahan 62 itu bisa dituntaskan sepenuhnya," ungkapnya.

Endra membocorkan beberapa proyek bendungan yang akan selesai tahun ini. Di antaranya adalah Bendungan Semantok di Jawa Timur, Bendungan Lolak di Sulawesi Utara, Bendungan Kuwil, Sulawesi Utara, Bendungan Margatiga, Lampung, Bendungan Kering Ciawi Sukamahi Bogor, Jawa Barat, dan Bendungan Bringin Sila di Nusa Tenggara Barat.

Soal penyelesaian dan peresmian proyek bendungan, ia menyebut akan menyesuaikan dengan jadwal presiden. Namun Endra memastikan ada sembilan bendungan yang konstruksi fisiknya selesai tahun ini.

Endra menegaskan jika pemerintah bakal melanjutkan agenda pembangunan infrastruktur. Menurutnya pembangunan infrastruktur mampu menekan laju inflasi yang sedang tinggi.



Simak Video "Tak Ada Urgensi, Walhi Yogya Minta Proyek Bendungan Bener Dihentikan"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT