Erick Thohir Ungkap KRL, MRT, LRT dan Kereta Cepat Bakal Disambung

ADVERTISEMENT

Erick Thohir Ungkap KRL, MRT, LRT dan Kereta Cepat Bakal Disambung

Ilyas Fadilah - detikFinance
Senin, 29 Agu 2022 14:51 WIB
Erick Thohir
Foto: Erick Thohir. (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana mengintegrasikan empat moda transportasi sekaligus, yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Mass Rapid Transit (MRT), Kereta Rel Listrik (KRL), dan Light Rail Transit (LRT).

Menurutnya, pihaknya terus melakukan perubahan dan perbaikan. Dalam hal ini BUMN berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

"Lagi dibagusin, contoh kereta api antar kota nggak berhenti di Gambir. Akan kami bangun fasilitas memadai di Manggarai. Saya dan pak Menhub tengah koordinasi agar commuter line dapat tersambung sampai ke tengah kota," katanya di Tennis Indoor Senayan Jakarta, Senin (29/8/2022).

Menurutnya dalam mengerjakan proyek tidak boleh dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus saling bersinergi. Hal ini agar sesuai dengan roadmap pembangunan nasional hingga 2045, yang mencakup jembatan, bendungan, airport, hingga konektivitas kereta api.

Ia menambahkan, LRT juga akan menembus ke beberapa titik pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sebab menurutnya, kereta cepat antar kota tidak mungkin ditempatkan di tengah kota.

"Bagaimana hubungan LRT dan Kereta cepat? Sama, LRT itu mulai nanti tembus ke beberapa titik dan ada yang namanya kereta cepat yang keluar kota," sambungnya.

Sebagai penunjang, Erick Thohir mengatakan pihaknya akan menyiapkan stasiun di Karawang. Disiapkan juga exit tol yang akan mempermudah akses menuju stasiun.

Menurutnya konektivitas transportasi adalah suatu keharusan. Ia pun mendorong adanya ketersambungan transportasi Jakarta dengan kawasan industri di Jawa Barat. Misalnya dengan Kawasan Industri Subang.

"Nanti titik-titik ini bersama kawasan Subang dan konektivitas kereta api dan jalan tol harus nyambung nggak? Harus. ini kenapa roadmap kami sedang perbaiki bukan hanya BUMN dengan semua pihak agar jadi satu kesatuan solusi buat masyarakat dan logistik barang," ungkapnya.

Selain konektivitas masyarakat, konektivitas ini untuk menunjang distribusi barang logistik. Apalagi kawasan Bandara Kertajati menjadi salah satu pusat logistik kargo karena lokasinya yang dekat dengan Patimban hingga industri real estate.



Simak Video "Sekjen PAN Bicara Suara Internal yang Mau Erick Thohir Maju Pilpres"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT