Tol Kedua Bali 96 Km: Bakal Ada Jalur Motor dan Sepeda!

ADVERTISEMENT

Tol Kedua Bali 96 Km: Bakal Ada Jalur Motor dan Sepeda!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 12 Sep 2022 12:26 WIB
Tol Bali Mandara
Ilustrasi tol/Foto: IST
Jakarta -

Pembangunan tol kedua di Bali yakni Tol Gilimanuk-Mengwi sepanjang 96,84 km telah dimulai. Hadirnya tol ini akan memangkas waktu tempuh menuju Denpasar.

Dikutip dari laman BPJT, Senin (12/9/2022), tol ini diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah kemacetan di jalan nasional sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan menuju Denpasar yang awalnya bisa sekitar 5-7 jam dapat menjadi sekitar 1,5-2 jam. Artinya, waktu yang dipangkas 3 jam lebih.

Selain itu, Tol Gilimanuk-Mengwi akan memiliki jalur khusus roda dua untuk sepeda dan sepeda motor.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam pembangunan tol, khususnya di Bali sebagai destinasi wisata dunia harus memperhatikan beberapa hal. Sebutnya, pertama dari segi kualitas dan yang kedua harus memperhatikan estetika salah satunya dengan tetap memperhatikan kearifan lokal Bali dan menghindari tempat-tempat suci.

"Saya akan memberikan SK kepada Pak Gubernur sebagai pengawas dari jalan tol ini, karena beliau yang sehari-hari ada di sini, sehingga bisa menjaga dari kualitas dan estetika jalan tol ini," kata Basuki.

Tol Gilimanuk-Mengwi terbagi menjadi 3 Seksi yakni Seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 53,6 km, Seksi 2 Pekutatan-Soka sepanjang 24,3 km dan Seksi 3 Soka-Mengwi sepanjang 18,9 km.

Tol ini ditargetkan rampung pada tahun 2028 dengan nilai investasi Rp 24,6 triliun. Adapun pelaksana tol ini adalah PT Tol Jagat Kerthi Bali.



Simak Video "Tol Terpendek di Indonesia Tak Sampai 3 Km, Cek!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT