ADVERTISEMENT

Operasi LRT Jabodebek Molor Mulu, Kenapa Ya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 14 Sep 2022 07:30 WIB
LRT jabodebek
Foto: Dok. KAI
Jakarta -

Masyarakat Jakarta dan sekitar rasanya mesti lebih sabar untuk menggunakan moda transportasi terbaru, LRT Jabodebek. Sebab, LRT Jabodebek baru operasi Juni 2023.

Target operasi ini molor cukup lama dari semula. Awalnya, LRT Jabodebek ditargetkan operasi pada tahun 2019.

Beroperasinya LRT Jabodebek di Juni 2023 setelah adanya koordinasi dari berbagai pihak. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Entus Asnawi Mukhson dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

"Dari hasil pembahasan kami dengan para pihak yang terkait diharapkan nanti bulan Juni tahun depan mulai beroperasi," kata Entus.

Entus mengatakan, secara fisik proyek LRT Jabodebek sebetulnya sudah hampir rampung. Namun, karena LRT ini dioperasikan tanpa masinis maka perlu dipastikan dari aspek keamanan dan keselamatannya.

"Untuk memastikan, karena ini tanpa masinis, driverless untuk memastikan bahwa safety-nya ini sesuai ada tambahan dari berbagai pihak supaya safety-nya terpenuhi akhirnya yang kami kerjakan ini sistem yang dibangun oleh Siemens yang lazim memang biasa dikerjakan. Kemudian dari mitra BUMN kita ada LEN," jelasnya.

Dia mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI (Persero) juga melakukan kajian atas sistem LRT Jabodebek. Sehingga, butuh waktu panjang untuk operasi.

"Sebagai operator dari KAI juga menyelenggarkan review atas sistem ini dan juga Kemenhub untuk safety-nya juga menyelenggrakan review sehingga penyusunan integrasi sistem ini membutuhkan waktu jadi lebih panjang," terangnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT