ADVERTISEMENT

Tol Becakayu Beroperasi Penuh Sebentar Lagi, Ini Daftar Ruasnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 16 Sep 2022 14:47 WIB
Akses Tol Becakayu di Prumpung
Tol Becakayu Beroperasi Penuh Sebentar Lagi, Ini Daftar Ruasnya/Foto: Ilyas Fadilah/detikcom
Jakarta -

Sejumlah ruas Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Tol Becakayu) telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada bagian Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong) dan koneksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu. Saat ini Jalan Tol Becakayu memiliki dua seksi yaitu seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 kilometer (km) dan sudah beroperasi.

Lalu seksi 2a Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 km dan seksi 2a Ujung Kayuringin -Margajaya telah mencapai progres konstruksi dan sudah 100% sehingga ditargetkan akhir 2022 siap beroperasi. Jadi total pembangunan konstruksi layang dari Bekasi sampai Kampung Melayu adalah 16,02 km.

"Dengan adanya Jalan Tol Becakayu ini waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta adalah 2 jam. Namun dengan jalan ini perjalanan menjadi hanya 30 menit," tulis keterangan BPJT, dikutip Jumat (16/9/2022).

Selain itu jalan ini juga menjadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek karena menumpuknya kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Kemudian akan terjadi pengurangan volume lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek untuk kendaraan yang mengarah ke Bekasi atau Jakarta.

"Tol ini nantinya akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Bekasi, Karawang, Cibitung dan sekitarnya," tulisnya.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT