Cihuy! Ini Daftar Jalan Tol yang Mau Operasi Sebentar Lagi

ADVERTISEMENT

Cihuy! Ini Daftar Jalan Tol yang Mau Operasi Sebentar Lagi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 18 Sep 2022 12:00 WIB
Foto udara kendaraan yang melintas di jalur fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Sinarmulya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Polres Sumedang membuka jalur fungsional Jalan Tol Cisumdawu hingga Minggu (8/5/2022) guna mencegah terjadinya kemacetan di jalur arteri Sumedang-Bandung pada arus balik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI

3. Tol Becakayu

Sisa pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Tol Becakayu) telah selesai. Bahkan, beberapa ruas tersebut sudah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO). Tepatnya, pada bagian Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan koneksi sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu.

Saat ini Jalan Tol Becakayu memiliki dua seksi, untuk seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 kilometer (km) dan sudah beroperasi. Lalu seksi 2 Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 km dan seksi 2a Ujung Kayuringin -Margajaya telah mencapai progres konstruksi dan sudah 100% sehingga ditargetkan akhir 2022 siap beroperasi. Jadi total pembangunan konstruksi layang dari Bekasi sampai Kampung Melayu adalah 16,02 km.

"Dengan adanya Jalan Tol Becakayu ini waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta adalah 2 jam. Namun dengan jalan ini perjalanan menjadi hanya 30 menit," tulis keterangan BPJT, dikutip Jumat (16/9/2022).

Jalan tol ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta Cikampek karena menumpuknya kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Kemudian akan terjadi pengurangan volume lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek untuk kendaraan yang mengarah ke Bekasi atau Jakarta.



Simak Video "Tol Terpendek di Indonesia Tak Sampai 3 Km, Cek!"
[Gambas:Video 20detik]

(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT