ADVERTISEMENT

2 Tol Baru RI Dibangun Melayang, Ada yang Nyeberang Laut!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 11:04 WIB
Tol Bali Mandara Dipoles Jelang KTT G20, Begini Progresnya
Ilutrasi tol atas laut/Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta -

Sebanyak 9 tol baru akan dibangun di mana saat ini dalam persiapan dan proses tender. Dari 9 tol baru terbaru tersebut, 2 di antaranya diketahui akan dibangun melayang atau elevated.

Sebagaimana dikutip dari BPJT dan Simpul KPBU, Senin (19/9/2022), dua tol yang akan dibangun melayang yakni Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR Elevated) Cikunir-Ulujami dan Jembatan Balikpapan-Penajam Paser Utara.

JORR Elevated Cikunir-Ulujami diajukan oleh konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk. Tol ini merupakan bagian dari tol Jabodetabek yang berada di atas Tol JORR eksisting.

Proyek ini membentang sepanjang 21,50 km dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berlokasi di Persimpangan Ulujami. Nilai investasi dari Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami mencapai Rp 21,56 triliun.

Tol yang akan dibangun melayang selanjutnya adalah Tol Jembatan Balikpapan-Penajam Paser Utara. Tol ini akan menjadi salah satu akses penting menuju ibu kota negara di Kalimantan Timur. Tol ini akan dibangun melayang di atas laut.

Proyek ini sebenarnya adalah jembatan tol yang akan menghubungkan Balikpapan dan Penajam Paser Utara. Proyek ini secara resmi diinisiasi oleh PT Waskita Toll Road, PT KBK - Pemerintah Kalimantan Timur, Pemda Benua Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Pemerintah Daerah Balikpapan.

Tol sepanjang 7,35 km itu bakal menelan investasi sebesar Rp 15,53 triliun.



Simak Video "Tol Terpendek di Indonesia Tak Sampai 3 Km, Cek!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT