ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Dua Tol, Salah Satunya Khusus Truk Barang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 09:19 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo meresmikan dua jalan tol hari ini. Dua jalan tol tersebut adalah ruas tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja. Kedua tol ini masuk ke dalam jaringan tol lingkar luar alias Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Dalam sambutannya, Jokowi banyak menyinggung soal jalan tol Cibitung-Cilincing, tol ini menurutnya akan dikhususkan untuk kendaraan truk logistik dan barang. Tol itu menghubungkan kawasan industri di Bekasi, Cikarang, Karawang dan sekitarnya dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ini merupakan jalan tol yang nanti bisa mempercepat utamanya mobilitas barang. Barang-barang dari kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan logistik yang ada di Karawang, Bekasi, sehingga bisa sangat cepat diantarkan kepada pelabuhan di Jakarta Utara," ungkap Jokowi dalam persemian yang disiarkan virtual, Selasa (20/9/2022).

Jokowi sangat berharap tol tersebut dapat mempermudah mobilitas angkutan barang. Dengan begitu, daya saing produk ekspor Indonesia bisa diperkuat.

"Kecepatan ini lah nanti akan mempermudah mobilitas barang. Kecepatan itu akan memperkuat daya saing produk Indonesia yang akan diekspor," kata Jokowi.

Hari ini, Jokowi meresmikan lanjutan jalan tol Cibitung-Cilincing. Adapun sejauh ini tol tersebut sudah beroperasi sepanjang 2,65 km, hari ini yang diresmikan sepanjang 24,75 km.

Adapun total panjang jalan tol Cibitung-Cilincing adalah 34,8 km. Tol tersebut masuk dalam jaringan JORR 2.

Selanjutnya, Jokowi juga meresmikan tol Serpong-Balaraja seksi 1 dengan panjang 5 km. Jalan tol ini masuk ke dalam jaringan JORR 3.

Untuk tol ini, Jokowi bilang tol ini akan mengurangi kemacetan di DKI Jakarta. Apalagi bila JORR 2 dan 3 sudah terhubung.

"Untuk tol Serpong Balaraja seksi 1, ini bagian dari JORR yang ketiga. Ini awal, sehingga nanti JORR ketiga selesai, JORR kedua selesai, dari barat ke timur dan sebaliknya, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini akan kurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," ungkap Jokowi.

(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT