ADVERTISEMENT

Jokowi Mau Bangun Tol JORR 3 buat Kurangi Macet Jakarta, Ampuh?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 20 Sep 2022 12:23 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta -

Operasional Tol Serpong-Balaraja diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini. Tol tersebut disebut Jokowi sebagai awal mula pembuatan jaringan tol lingkar luar alias Jakarta Outer Ring Road (JORR) ketiga.

"Untuk tol Serpong-Balaraja seksi 1, ini bagian dari JORR yg ketiga, ini adalah awalnya," ungkap Jokowi dalam persemian yang disiarkan virtual, Selasa (20/9/2022).

Jokowi mengungkapkan dengan membangun jalan tol lingkar luar baik JORR 2 dan JORR 3 kemacetan di Jakarta akan berkurang. Pasalnya, kendaraan yang ingin berjalan dari timur ke barat Jakarta ataupun sebaliknya tak perlu lagi melewati tengah-tengah kota Jakarta.

"Jadi nanti JORR ketiga selesai, JORR kedua selesai, dari barat ke timur atau dari timur ke barat, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini akan kurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," ungkap Jokowi.

Jokowi sendiri meresmikan tol Serpong-Balaraja seksi 1 sepanjang 5,1 km hari ini. Keseluruhan tol ini panjangnya mencapai 9,4 km, sisanya masih dibangun dengan target selesai Desember 2023.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) sampai saat ini untuk paket pembangunan terakhir tol Serpong Balaraja sudah mencapai 65% progressnya.

Kepala BPJT Danang Parikesit menambahkan tol Serpong-Balaraja akan menjadi alternatif bagi warga Jakarta yang mau melakukan perjalanan ke daerah di barat daya Jakarta.

"Harapannya adalah berikan solusi masyarakat yg mau ke Bumi Serpong Damai dan menyatu ke Balaraja. Ini akan jadi alternatif masyarakat untuk menjangkau Jabodetabek bagian selatan barat bisa terjangkau dengan baik," kata Danang.



Simak Video "Bikin Deg-degan, Momen Perempuan Nyeberang 'Santuy' di Tol JORR"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT