Duh... Jalan Tol BSD Jadi Langganan Banjir!

ADVERTISEMENT

Duh... Jalan Tol BSD Jadi Langganan Banjir!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 11:21 WIB
Banjir di Tol BSD, Serpong, Tangerang Selatan terjadi pada Jumat (23/9) malam. Lalu lintas di lokasi banjir pun sempat dialihkan. Kini banjir sudah surut.
Foto: dok. NTMC Polri
Jakarta -

Ruas tol Pondok Aren-Serpong atau yang biasa dikenal sebagai Tol BSD belakangan ini telah menjadi langganan banjir. Bukan cuma sekali, di bulan September saja jalan tol di Tangerang Selatan itu sudah dua kali mengalami kebanjiran.

Dalam catatan detikcom, Tol BSD terakhir kali kebanjiran pada Jumat 23 September kemarin. Setelah diguyur hujan deras, genangan air muncul di jalan Tol BSD KM 8. Tol BSD pun ditutup dengan menyisakan antrean panjang kendaraan yang mau masuk tol.

"Mohon maaf perjalanan Anda terganggu. Info terkini, 23 September 2022, pukul 16.27 WIB terjadi genangan pada KM 8+550A Ruas Tol Pondok Aren Serpong. Pengguna jalan diimbau untuk menggunakan jalan alternatif lain," tulis pengelola tol di akun Instagram resminya, @infobsdtol, dilihat detikcom, Jumat (23/9/2022).

Dalam unggahan di akun Twitternya, @infotolbsd, pengelola Tol BSD mengunggah situasi terkini yang terekam di CCTV jalan tol, di sana mulai terlihat banyak kendaraan yang menunggu dan mengantre di jalan tol BSD. Nampak kemacetan panjang sudah terlihat di jalan tol tersebut akibat banjir yang terjadi.

Sementara itu, situasi banjir yang terjadi nampak terlihat pada unggahan akun Twitter @NTMCLantasPolri. Dari foto yang diunggah nampak terlihat banjir telah mencapai lutut orang dewasa.

"16.59 Banjir di KM.08 Tol BSD, pengendara dari arah Pd Indah menuju Serpong bisa keluar di Exit Pd Ranji/Bintaro Exchange," tulis akun tersebut.

Di awal September pun Tol BSD sempat kebanjiran juga. Titik banjirnya pun ternyata sama, di KM 8 juga. Tol BSD pun ditutup juga saat itu. Banjir kala itu disebut sudah mencapai 40 ketinggiannya.

"Mohon maaf terjadi genangan di KM 08 ruas tol Pondok Aren-Serpong, Lalin arah Jakarta, dan arah BSD ditutup, agar gunakan jalur alternatif lain," tulis akun twitter Tol BSD, dilihat detikcom, Sabtu (10/9/2022) yang lalu.

30 April lalu, hal yang sama terjadi. Kejadiannya persis seperti yang terjadi baru-baru ini. Setelah diguyur hujan deras beberapa jam, Tol BSD kembali tergenang air. Hanya saja saat itu tol tidak ditutup dan masih bisa dilewati meskipun lalu lintasnya sangat macet padat merayap. Titik banjir kala itu pun juga sama, tepatnya berada pada KM 8+200 hingga KM 9.

"Penyebabnya luapan banjir kiriman. Air kiriman dari hulu sungai. Ada Cisadane ada juga dari Bogor," kata Kasat PJR Tol BSD Kompol Teguh Patriot saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/4/2022) yang lalu.

Koordinator Indonesia Toll Road Watch (ITRW) Deddy Herlambang menyatakan kejadian banjir di jalan Tol BSD menang sudah sangat sering terjadi. Kebetulan, Deddy pun tinggal di sekitar BSD, sudah banyak keluhan dari masyarakat soal banjir yang hampir pasti terjadi bila Tangerang Selatan diguyur hujan deras.

"Ya kebetulan saya tinggal di BSD juga. Keluhannya sudah banyak. Kalau tetangga saya atau yang pada tinggal di sini suka begitu, kalau hujan sedikit pasti pulangnya jadi lama karena nunggu banjir di Tol BSD," ungkap Deddy kepada detikcom.

Lihat juga video 'Tol BSD Banjir Selutut Orang Dewasa, Mobil Tak Bisa Melintas':

[Gambas:Video 20detik]




(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT