Waskita Jual Sebagian Saham Tol Semarang Rp 3,8 T

ADVERTISEMENT

Waskita Jual Sebagian Saham Tol Semarang Rp 3,8 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 11:53 WIB
Proyek Tol Semarang-Demak, Kamis (29/9/2022).
Ilustrasi Tol Semarang (Foto: dok. Pemprov Jateng)
Jakarta -

Lini usaha jalan tol PT Waskita Karya menjual kepemilikan sahamnya di tol Semarang-Batang Rp 3,8 triliun. PT Waskita Toll Road (WTR) melakukan perjanjian jual beli bersyarat dengan King Bless Limited untuk menjual sebagian saham perusahaan operator tol Semarang-Batang.

PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) sendiri merupakan badan usaha jalan tol milik WTR yang memegang konsesi atas ruas tol Semarang-Batang.

Direktur Utama WTR, Rudi Purnomo mengatakan penandatangan perjanjian jual beli ini merupakan salah satu strategi WTR dalam mendukung komitmen penyehatan keuangan induk usaha Waskita.

"Harapannya dengan terlaksananya aksi korporasi ini, WTR selaku anak usaha Waskita dapat berkontribusi dalam pemulihan kinerja keuangan Waskita, sehingga ke depannya Waskita Group dapat mencatatkan kinerja yang berkelanjutan," kata Rudi dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Selanjutnya, Waskita Toll Road dan King Bless Limited akan melakukan finalisasi atas transaksi tersebut melalui penandatanganan akta jual beli yang ditargetkan selesai pada kuartal IV tahun 2022.

Sebelumnya, pada 30 Juni 2021, WTR secara resmi telah melaksanakan aksi korporasi pada JSB. PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol mengambil alih kepemilikan WTR pada JSB dengan persentase total sebesar 40%.

Dalam rangkaian transaksi tersebut, WTR memiliki hak opsi beli atau call option rights. Saat ini, WTR berencana melakukan pendalaman atas call option tersebut, dan sebagai bentuk kesepakatan sementara antara WTR dan Kings Bless Limited.

Adapun skema transaksi masih dalam proses finalisasi untuk nantinya Kings Bless Limited menjadi pemegang saham di JSB dengan nilai Rp 3,8 Triliun.

Lihat juga video 'Inilah Rest Area Terbaik se-Indonesia, Resta Pendopo KM 456':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT