Dibangun 4 Lantai ke Bawah Tanah! Gini Bentukan Stasiun MRT Harmoni-Mangga Besar

ADVERTISEMENT

Dibangun 4 Lantai ke Bawah Tanah! Gini Bentukan Stasiun MRT Harmoni-Mangga Besar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 17:05 WIB
Stasiun MRT
Foto: Stasiun MRT (Istimewa/MRT Jakarta)
Jakarta -

Pengerjaan paket proyek CP 202 MRT Fase 2A telah dilakukan sejak Juli 2022 yang lalu. Paket CP 202 ini sempat terhambat pembangunannya karena sempat tak mendapatkan kontraktor sejak 2020.

Perlu diketahui, lingkup pengerjaan paket CP 202 adalah pembangunan stasiun dan terowongan bawah tanah mulai dari Harmoni hingga Mangga Besar sepanjang 1,8 kilometer. Stasiun yang akan dibangun ada 3, mulai dari Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar.

PT MRT Jakarta menyatakan ada keinginan tersendiri dari desain terowongan dan juga stasiun MRT Jakarta sepanjang Harmoni hingga Mangga Besar.

"Dua perbedaan utama, yaitu tipe terowongan dan stasiun bawah tanahnya," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Rendi Alhial dalam keterangannya, Jumat (30/9/2022).

Pada fase 1 dan stasiun fase 2A lainnya, tipe stasiun bawah tanah hanya terdiri dari dua lantai, sedangkan Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar akan terdiri dari empat lantai.

Tipe terowongannya pun berbeda, sepanjang Harmoni hingga Mangga Besar terowongan akan dibuat secara bertingkat (stacked tunnel) sedangkan di bagian lain MRT Jakarta terowongan bawah tanah dibuat sejajar.

Stasiun akan dibangun sebanyak empat lantai. Nantinya akan terdiri dari lantai satu sebagai beranda peron, lantai dua sebagai peron terowongan jalur ke selatan, lantai tiga sebagai beranda peron, dan lantai empat sebagai peron terowongan menuju utara.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT