ADVERTISEMENT

Kereta LRT Bekas Tabrakan Belum Dikirim ke Jakarta, Ini Alasannya

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 30 Sep 2022 21:49 WIB
Sebanyak 16 trainset atau rangkaian LRT Jabodebek dipindahkan ke area Lintas Pelayanan 2 yaitu jalur Cawang-Pancoran. Pemindahan dilakukan pasca insiden tabrakan beberapa waktu lalu.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Dua rangkaian kereta LRT Jabodebek bekas kecelakaan tahun lalu belum kembali ke Jakarta. Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan dua rangkaian kereta LRT Jabodebek tersebut masih berada di pabrik INKA di Madiun, Jawa Timur.

"Itu masih di Madiun, itu ada dua," ujar Budi saat ditemui di Muamalat Tower, Jakarta, Jumat (30/9/2022).

Dua kereta LRT Jabodebek itu termasuk dari tiga rangkaian kereta yang belum masuk ke Depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur. Budi mengatakan saat ini kondisi Depo LRT Jabodebek yang berada di Bekasi belum siap menampung semua rangkaian.

"Belum, karena deponya belum siap terima. yang belum itu jadi ada 3 rangkaian, yang 27 sudah. Belum dikirim semua, kalau dulu kan ada di atas, sekarang nggak ada. Deponya baru selesai," tutur Budi.

Budi mengatakan dua rangkaian kereta LRT Jabodebek bekas kecelakaan sudah diperbaiki. Ia menjelaskan kerusakannya yang tubuh dari kereta tersebut.

"Sudah-sudah dibenarkan, yang rusak ya bodynya saja yang diganti," lanjutnya.

Menurut catatan detikcom, sudah lima bulan lamanya dua rangkaian kereta itu belum kembali ke Jakarta pasca kecelakaan. Sebelumnya, PT INKA mengatakan dua rangkaian kereta bekas kecelakaan akan kembali ke Jakarta pada April 2022.

Rencana itupun juga mundur dari sebelumnya akan diangkut ke Jakarta Maret 2022. "Ada sedikit penyesuaian jadwal pengiriman 2 ts (train set) ini menjadi bulan April 2022," kata Senior Manager PKBL, CSR & Stakeholder Relationship PT INKA, Bambang Ramadhianto, kepada detikcom, Senin (28/3/2022).

Sebagai informasi, kecelakaan tabrakan LRT Jabodebek terjadi pada Senin 25 Oktober 2021 pada pukul 13.00 WIB. Peristiwa tabrakan LRT Jabodebek terjadi setelah kereta selesai menjalani pengujian.

Tumburan tersebut melibatkan 2 rangkaian kereta LRT Jabodebek di antara petak stasiun Harjamukti - stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek. Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT.

Kejadian ini pun memakan korban, satu orang masinis yang menguji coba kereta LRT mendapatkan luka berat dan dilarikan ke rumah sakit.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT