Kota Lama Kesawan Medan Direvitalisasi, Bakal Jadi Tempat Instagramable

ADVERTISEMENT

Kota Lama Kesawan Medan Direvitalisasi, Bakal Jadi Tempat Instagramable

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Selasa, 11 Okt 2022 15:40 WIB
Revitalisasi Kota Lama Kesawan Medan
Foto: Brantas Abipraya
Jakarta -

Kawasan Kota Lama Kesawan, Medan, Sumatera Utara tengah direvitalisasi. Tempat bersejarah itu bakal punya tampilan lebih segar dan banyak spot instagramable.

Proyek revitalisasi itu digarap oleh BUMN konstruksi PT Brantas Abipraya (Persero). Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas menyampaikan berbekal pengalaman dalam mempercantik Kota Lama Semarang yang telah rampung pada 2019 lalu, Brantas Abipraya berupaya menghidupkan kembali makna legacy di Kota Lama Kesawan.

Adapun pembangunan kawasan tersebut ditargetkan akan tuntas pada November 2023 mendatang.

"Pembenahan kawasan Kota Lama Kesawan ini merupakan sebuah upaya kami dalam menyokong terwujudnya Medan wisata Heritage. Harapannya nanti wilayah ini dapat mengembangkan perekonomian dan menjadi destinasi wisata baru nan cantik," kata Anas dalam keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).

Anas menambahkan revitalisasi ini nantinya akan memperkuat daya tarik heritage dan potensi seni budaya. Penampilan Kota Lama Kesawan usai pembangunan, sebut Anas, bakal menjadikannya sebagai salah satu ikon Kota Medan dan meningkatkan nilainya sebagai destinasi untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Anas menyampaikan tahun lalu Brantas Abipraya telah berbagi pengalaman saat mengerjakan penataan Kota Lama Semarang ke Wali Kota Medan Bobby Nasution. Anas mengatakan ini merupakan sebuah kehormatan bagi Brantas Abipraya dipercaya bisa sharing knowledge dan berdiskusi bersama membangun kembali keelokan Kawasan Lama Medan dengan bangunan bersejarahnya.

Kota Lama Kesawan menyimpan banyak peninggalan bersejarah zaman kolonial. Di tempat itu berdiri gedung-gedung tua warisan kolonial. Anas menambahkan Brantas Abipraya Bersama Kementerian PUPR akan membuat Kota Lama Kesawan menjadi kawasan yang semakin instagramable, serta mendatangkan wisatawan lokal dan mancanegara.

Adapun untuk ruang lingkup pekerjaan Brantas Abipraya adalah pekerjaan revitalisasi saluran drainase, pekerjaan utilitas, pekerjaan koridor Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan dan Jalan Pangkal Pinang, pekerjaan koridor Jalan Ahmad Yani, pekerjaan kawasan Jalan Perniagaan kawasan Jalan Perniagaan-Jalan Kereta Api, serta pekerjaan kawasan Jalan Masjid-Pasar Hindu.

"Brantas Abipraya optimis dapat menyelesaikan revitalisasi kota lama Kesawan ini tepat waktu agar manfaatnya dapat lekas di rasakan oleh masyarakat, serta dapat turut mendukung perekonomian di wilayah tersebut karena melalui revitalisasi ini nantinya dapat membuka banyak lapangan pekerjaan di Medan," ujar Anas.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT