Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka Pekan Depan, Tarif Masih Rp 0

ADVERTISEMENT

Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka Pekan Depan, Tarif Masih Rp 0

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 21 Okt 2022 20:30 WIB
Tol Pekanbaru-Bangkinang
Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta -

Jumlah tol Trans Sumatera yang beroperasi akan bertambah. Sebab, Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 km akan dioperasikan mulai Kamis, 27 Oktober 2022 mendatang pada pukul 07.00 WIB.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan bahwa Hutama Karya telah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1189/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang. Tol masih akan dibuka gratis atau tanpa tarif pekan depan.

"Sebelumnya, telah dilakukan juga uji coba pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dengan membuka secara fungsional ruas tol ini pada saat Mudik Lebaran 2022 lalu dan disusul dengan pelaksanaan Uji Laik Fungsi (ULF) dari tanggal 6 - 9 Juni 2022 serta diberikan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Kementerian PUPR pada 29 Juli 2022," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/10/2022).

Tol Pekanbaru-BangkinangTol Pekanbaru-Bangkinang Foto: Dok. Hutama Karya

Dia mengatakan, untuk mendukung operasi tol, pihaknya menyiapkan sebanyak 106 personil dan 22 unit kendaraan siaga yang terdiri dari ambulan, derek, Patroli Jalan Raya (PJR), rescue, dan lainnya.

Dwi menambahkan, sebelum dioperasikan Hutama Karya juga telah mempersiapkan kapasitas SDM melalui pelatihan kepada calon petugas yang akan mengoperasikan jalan tol ini selama 37 hari terkait dengan kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, pelatihan evakuasi dan derek, pelatihan mekanikal dan elektrikal, dan pelatihan sistem transaksi dan peralatan tol.

"Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik (satu kartu) saat melintas. Kami juga mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas," tutup Dwi.

Tol Pekanbaru-BangkinangTol Pekanbaru-Bangkinang Foto: Dok. Hutama Karya
(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT