Tol Layang Bakal Membentang di Atas JORR, Ini Rutenya

ADVERTISEMENT

Tol Layang Bakal Membentang di Atas JORR, Ini Rutenya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 27 Okt 2022 19:01 WIB
Proyek Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami tengah disiapkan. Tol layang ini akan membentang sepanjang 21,5 km.
Tol layang bakal dibangun di atas JORR /Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Tol layang bakal dibangun sepanjang jalur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Jalan tol layang itu akan dibangun menghubungkan Ulujami ke Cikunir sejauh 21 kilometer lebih.

PT Nusantara Infrastructure lewat anak usahanya PT Margautama Nusantara (MUN) bakal menggarap proyek ini. Dirut PT MUN Donni Hasan menjelaskan jalan tol layang dibangun untuk mengatasi masalah lalu lintas yang padat di tol JORR.

"Di Ulujami, dari situ kita bawa ke atas, karena konsentrasi trafik di situ paling tinggi. Bukan di JORR 1 yang masih sekitar 80 ribuan (kendaraan per hari), tapi JORR 2 seluruhnya sudah di atas 100 ribu lebih," ungkap Donni dalam temu media di Equity Tower, Jakarta Selatan, Kamis (27/10/2022).

Nantinya rute jalan tol layang ini dimulai dari kawasan Ulujami dan akan turun di sekitar wilayah Jati Asih. Di wilayah itu akan terjadi beberapa pembagian arus lalu lintas. Ada yang menuju tol Dalam Kota ada juga yang bisa melanjutkan perjalanan langsung ke arah Jalan Tol Layang Cikampek atau Jalan Tol MBZ.

"Kuta buat sebuah bypass dimulai dari Ulujami. Kita turun di Jati Asih, terus bisa langsung naik ke atas lagi. Jadi di situ terpecah tuh, ada ke jalan tol innercity (dalam kota) CMNP punya, satu lagi naik ke atas ke Cikampek," papar Donni.

Dalam paparan Donni jalan tol ini akan memiliki 3 titik persimpangan yaitu di Ulujami, Jagorawi, dan Jati Asih. Sementara itu akan dua pintu tol yang dibuat alias on/off ramps di Pondok Indah dan Bambu Apus. Akan ada dua jalur dengan dua lajur yang akan dibuat di tol tersebut.

Biaya membangun jalan tol ini dalam catatan detikcom sebesar Rp 21,56 triliun. Panjangnya akan mencapai 21,5 kilometer yang menghubungkan Jakarta dan Bekasi.

"Efektifnya panjangnya 21,5 km, dua wilayah dilewati dari Kabupaten Bekasi dan Jakarta," sebut Donni.

Dalam catatan detikcom, mengutip data Simpul KPBU Kementerian PUPR, proyek pembangunan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Ruas Cikunir - Ulujami yang diajukan oleh Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk merupakan bagian dari jalan tol Jabodetabek yang berada di atas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Eksisting.

Kecepatan rencana bisa mencapai 80 kilometer per jam dengan lebar lajur 3,5 meter lebar bahu luar 2,0 meter, lebar bahu dalam 1,0 meter, lebar median (termasuk bahu dalam) 2,0 meter.

Sementara, mengutip data BPJT Kementerian PUPR, konsorsium tersebut telah dinyatakan lulus pra kualifikasi pada 30 Juli 2021. Dalam pengumuman tersebut, peserta pra kualifikasi yang keberatan atas penetapan hasil dapat mengajukan sanggahan secara tertulis selambat-lambatnya 5 hari kerja setelah pengumuman pra kualifikasi.

Tahap berikutnya, Panitia Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol akan mengundang secara tertulis perusahaan atau konsorsium yang lulus pra kualifikasi untuk mengikuti pelelangan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami pada waktu yang akan ditetapkan kemudian oleh panitia.

(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT