Pasokan Material Tol Jakarta-Cikampek II Dikebut Biar Cepat Rampung

ADVERTISEMENT

Pasokan Material Tol Jakarta-Cikampek II Dikebut Biar Cepat Rampung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 28 Okt 2022 16:54 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan standby dibuka jika terjadi kemacetan parah selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.
Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mengejar penyelesaian proyek Tol Jakarta-Cikampek II Selatan paket 3. WSBP menyuplai produk untuk proyek ini.

"Kami melakukan percepatan penyelesaian proyek dari PT Waskita Karya (Persero) Tbk ini, di mana WSBP menyuplai produk untuk jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km," ujar Direktur Operasi WSBP Sugiharto dalam keterangannya, Jumat (28/10/2022).

Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai kontrak Rp 377,9 miliar ini mulai disuplai oleh WSBP sejak 2019.

"Kami suplai readymix kelas A1, P, B1, B2, C1, D dan E dengan total volume 399.999,78 m3 dan PCI Girder sebanyak 469 buah. Hingga saat ini progress suplai sudah mencapai 57,58%,"tambahnya.

Untuk memastikan penyelesaian suplai produk ke proyek Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akhir 2022 sesuai target, WSBP mengerahkan 3 plant besar di Jawa Barat antara lain Plant Subang, Plant Sadang, dan Plant Karawang, serta Batching Plant (BP) Japeksel dan BP Tamansari untuk suplai readymix.

WSBP menargetkan untuk menyelesaikan suplai produk ke proyek ini sekitar akhir 2022. Dengan kemampuan produksi yang berkualitas dari plant dan batching plant milik WSBP dan sumber daya manusia yang mumpuni, termasuk adanya tenaga kerja lokal di sekitar lokasi BP yaitu 46 tenaga kerja lokal di BP Japeksel dan 7 tenaga kerja lokal di BP Tamansari, perusahaan yakin bahwa produk precast dan readymix yang disuplai memiliki kualitas yang tinggi dan menghasilkan jalan tol dapat memberikan kenyamanan pengguna dalam waktu jangka panjang.

Nantinya dengan jalan tol yang membentang dari DKI Jakarta-Jawa Barat ini, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah seperti kawasan industri, perumahan, kawasan wisata dan sebagainya pada koridor trase jalan tol tersebut.

Sebagai informasi, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta. Di mana ruas tersebut akan menghubungkan tiga jalan tol, yakni Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2, dan Purwakarta-Bandung-Purbaleunyi. Ruas tol Taman Mekar-Sadang merupakan ruas terpanjang dalam jalan tol ini.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT