Menhub Pastikan LRT Jabodebek Operasi 2023, Maret Bisa Dijajal!

ADVERTISEMENT

Menhub Pastikan LRT Jabodebek Operasi 2023, Maret Bisa Dijajal!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 03 Nov 2022 11:48 WIB
LRT jabodebek
Foto: Dok. KAI
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan LRT Jabodebek bakal beroperasi tahun depan. Menurutnya, LRT Jabodebek bakal beroperasi mulai Juni 2023.

Pihaknya menargetkan di bulan Maret 2023 masyarakat sudah bisa menjajal moda transportasi ini dalam rangka uji coba operasional yang dilakukan Juni 2023.

"Sementara 2023 selesaikan persiapan operasionalnya kita bisa uji coba mungkin dari Depok ke Jakarta, Bekasi ke Jakarta dengan headway longgar, uji coba, mungkin bulan Maret," ungkap Budi Karya usai melakukan rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022) kemarin.

Ketika ditanya soal penetapan tarif atau harga tiket, Budi Karya sendiri mengaku belum membicarakannya dengan KAI selaku operator. "Kita belum bicara," katanya singkat.

Budi Karya juga sempat ditanyai soal potensi bengkak biaya pembangunan LRT Jabodebek. Dalam catatan detikcom sendiri LRT Jabodebek disebut mengalami pembengkakan biaya Rp 2,6 triliun. Dari awalnya Rp 29,9 triliun, bengkak menjadi Rp 32,5 triliun.

Mengenai hal tersebut Budi Karya mengaku belum mendapatkan informasi terbaru. Yang jelas menurutnya semua pihak percaya diri LRT Jabodebek bisa beroperasi 2023.

"Mengenai cost overrun, saya nggak ikuti mudah-mudahan nggak ada yang besar. Dan apa yang dilakukan KAI sudah sesuai, sekarang confidence bisa selesai 2023," ungkap Budi Karya.

Simak juga Video: Usulan LRT Terhubung Disetujui, Menhub: Manggarai jadi Central Station

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT