Balada Proyek LRT Velodrome-Manggarai: Sempat Dibatalkan, Eh... Mau Lanjut Lagi

ADVERTISEMENT

Balada Proyek LRT Velodrome-Manggarai: Sempat Dibatalkan, Eh... Mau Lanjut Lagi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 06 Nov 2022 19:00 WIB
Dalam rangka HUT ke-495 DKI Jakarta, sejumlah angkutan umum di Jakarta digratiskan, Rabu (22/6). Salah satunya adalah LRT.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Rencana pembangunan LRT dari Velodrome menuju Manggarai akan dilanjutkan. Padahal, rencana pembangunan LRT Velodrome menuju Manggarai sempat dibatalkan.

Dirangkum detikcom, Minggu (6/11/2022), pada Agustus 2019 lalu pembangunan LRT Jakarta fase II telah dimulai yang dilakukan dengan pengetesan tanah atau soil testing untuk rute Kelapa Gading menuju Jakarta International Stadium (JIS). Rupanya, fase II ini juga akan menyambungkan sisi selatan LRT Jakarta dari Velodrome ke Manggarai.

"Yang kita lakukan sekarang dari Depo di Gading ke JISS. Lalu yang kedua dari Velodrome ke Manggarai," kata Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin kala itu kepada detikcom.

Iwan bilang, panjang rute dari Velodrome ke Manggarai mencapai 6 kilometer (km). Pengerjaan rute ke Manggarai merupakan bagian dari koridor II LRT Jakarta yang ada dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1859 Tahun 2015, yang menyambungkan Pulo Mas ke Tanah Abang.

Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kemudian menyatakan akan mengubah LRT Jakarta fase 2. Perubahan dilakukan pada rute Velodrome-Manggarai menjadi Velodrome-Klender-Cawang.

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rencana perubahan rute LRT Jakarta ini sudah mendapatkan restu dari Kementerian Perhubungan. Namun keputusan resminya masih belum dikeluarkan karena ada hasil studi kelayakan yang harus disetor ke Kemenhub.

"Kita sudah usulkan program Velodrome lama dicabut, digantikan dengan Velodrome-Klender-Cawang. Itu sudah disetujui (Kemenhub), cuma kalau keputusan belum, masih menunggu hasil studi dulu," ungkap Syafrin, 24 April 2021 silam.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT