ADVERTISEMENT

Daftar Nama Unik Jalan Tol di RI Termasuk Artinya, Belmera Hingga Cisumdawu

al - detikFinance
Selasa, 15 Nov 2022 12:11 WIB
Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 1 dari Tanjung Morawa ke Perbarakan bakal tersambung Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) pada April 2018 mendatang.
Jalan Tol Belmera/Foto: Dok PUPR/Ditjen Bina Marga
Jakarta -

Indonesia memiliki cukup banyak jalan tol. Hal ini tentunya bertujuan untuk memperlancar lalu lintas daerah serta meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa untuk pertumbuhan ekonomi.

Di Indonesia, beberapa nama jalan tol terbilang cukup unik. Beberapa di antaranya seperti Tol Jagorawi, Tol Cipali, Tol Japek, dan sebagainya. Dibalik namanya yang unik, tentunya terdapat arti lainnya. Berikut ini merupakan ulasan mengenai nama-nama unik jalan tol di Indonesia.

1. Tol Jagorawi

Tol Jagorawi (Jakarta - Bogor - Ciawi) merupakan jalan bebas hambatan berbayar pertama di Indonesia. Tol Jagorawi mulai dioperasikan pertama kali pada tahun 1978. Tol ini memiliki panjang 59 km (termasuk jalan akses) yang menghubungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, dan Ciawi.

Tol ini mulai dibangun pada tahun 1975, dilakukan oleh pemerintah dengan dana dari anggaran pemerintah dan pinjaman luar negeri yang selanjutnya diserahkan ke PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai penyertaan modal.

2. Tol Purbaleunyi

Dilansir dari situs resmi Jasa Marga, Selasa (15/11/2022), Tol Purbaleunyi atau Tol Purwakarta - Bandung - Padaleunyi memiliki panjang hampir 123 km yang membuat jarak antara Jakarta - Bandung menjadi sangat dekat. Jalan tol ini awalnya mengoperasikan jalan tol ruas Padalarang - Cileunyi sepanjang 58,5 km sejak tahun 1991. Lalu pada tahun 2005, proyek jalan tol Cipularang sepanjang 64,4 km mulai dioperasikan. Maka dari itu, Jalan Tol Purbaleunyi menjadi salah satu ruas terpanjang yang menghubungkan Kota Bandung dan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

3. Tol Becakayu

Tol Becakayu merupakan singkatan dari jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu. Tol ini dibangun dengan konstruksi layang (elevated) dan membentang dari Bekasi sampai Kampung Melayu sepanjang 16,02 km.

Sebelum adanya Tol Becakayu, waktu tempuh dari Bekasi ke Jakarta sekitar dua jam. Namun dengan adanya Tol Becakayu, waktu tempuh dari Bekasi ke Kampung Melayu menjadi lebih cepat yaitu sekitar 30 menit saja.

4. Tol Cipali

Tol Cipali atau Tol Cikopo - Palimanan merupakan jalur sepanjang 116,75 km. Jalur ini terbentang dari Cikopo KM 72 sampai Palimanan KM 188 dengan melewati 5 kabupaten, yaitu Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Jalur tol ini resmi beroperasi pada tahun 2015.

5. Tol Belmera

Tol Belmera adalah singkatan dari Belawan - Medan - Tanjung Morawa. Menutip dari Jasamarga.com, Selasa (15/11/2022), tol ini merupakan satu-satunya jalur bebas hambatan yang dikelola Jasa Marga di luar Jawa. Tol Belmera dibangun oleh kontraktor Takenaka Nippo Hutama dan konsultan Jepang Pacific Consultant International dan mulai beroperasi pada 1986. Tol Belmera memiliki panjang sekitar 34 km.

6. Tol Cisamdawu

Tol Cisamdawu atau Cileunyi - Sumedang - Dawuan merupakan proyek nasional untuk meningkatkan perekonomian Provinsi Jawa Barat. Jalur ini memiliki panjang 61 km. Dengan adanya Tol Cisamdawu ini ditargetkan bisa memangkas waktu tempuh Bandung - Kertajati sepanjang 180 km hanya dalam satu jam.

7. Tol Japek

Tol Japek atau Tol Jakarta Cikampek yang menghubungkan Kota Jakarta dengan Cikampek. Tol ini mulai dioperasikan pada 1988 dan memiliki total panjang 83 km.

Jalan tol ini penting karena merupakan urat nadi transportasi yang menghubungkan Jakarta dan Bekasi dengan kota-kota lain di Pantai Utara Jawa (Pantura). Jalan Tol Japek juga terhubung dan terintegrasi dengan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), dan Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

Demikian informasi terkait nama-nama unik jalan tol di Indonesia.

Simak juga Video: Ini Jalan Tol yang Bakal Pakai Sistem Bayar Pakai HP

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT