ADVERTISEMENT

Temuan Trem Kuno di Proyek MRT Jakarta Muncul Lagi, Kali Ini di Harmoni

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 13:18 WIB
Jakarta -

Penemuan jalur trem kuno kembali terjadi di proyek MRT Jakarta Fase 2. Kali ini temuan didapatkan di sekitar Harmoni hingga kawasan Mangga Besar.

Ada sekitar 1,4 kilometer jalur trem baru ditemukan di proyek MRT Jakarta Fase II. Menurut tim arkeologi yang menangani temuan di proyek MRT Fase II Charunia Arni Listya D jalur trem yang ditemukan merupakan jalur yang digunakan untuk trem elektrik di awal-awal 1930-an.

Jalur ini merupakan jalur trem pertama yang sudah digunakan sejak zaman Belanda. Jalur ini menghubungkan kawasan Kota Tua ke Harmoni.

"Ini jalur pertama, rute trem pertama, 1A dan 1B. Hubungkan kawasan kota tua ke Harmoni, atau daerah weltevreden," papar wanita yang akrab disapa Lisa itu di lokasi penemuan Trem MRT Jakarta, Kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2022).

Dari keterangan MRT Jakarta, terdapat enam titik eskavasi rel trem di area pembangunan CP202 dari total delapan titik ekskavasi yang dilakukan. Mulai dari area pembangunan Stasiun Harmoni sebanyak dua dari tiga titik, area pembangunan Stasiun Sawah besar dua titik, dan area pembangunan Stasiun Mangga Besar dua dari tiga titik.

Secara umum, rel trem ditemukan di kedalaman 27 cm. Setidaknya kurang lebih ada 118 span rel atau sepanjang 1,4 km yang ditemukan di proyek MRT Jakarta. Temuan ini akan direlokasi dan dilestarikan dengan baik oleh MRT.

Komponennya terdiri dari batang rel, lempengan penyambung batang rel, bantalan rel yang terbuat dari kayu dan baja, baut dan sekrup, serta penambat rel dan batuan ballast. Selain span rel, tim juga menemukan wesel rel atau sarana pemindah jalur kereta.

Sebelumnya, temuan tel trem kuno juga ditemukan di di kawasan Glodok menuju Museum Bank Mandiri kawasan Kota Tua. Temuan itu muncul di sekitar pertengahan 2021, jaringan trem yang ditemukan cukup panjang sekitar 400-an meter.

(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT