Moratelindo Gandeng Mitsui Bikin Perusahaan Infrastruktur Telekomunikasi di RI

ADVERTISEMENT

Moratelindo Gandeng Mitsui Bikin Perusahaan Infrastruktur Telekomunikasi di RI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 13:44 WIB
Menara BTS dan Antena TV. 
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

PT Mora Telematika Indonesia Tbk (Moratelindo) menggandeng perusahaan Jepang Mitsui & Co., Ltd (Mitsui) untuk pembentukan perusahaan patungan atau joint venture.

Kerja sama keduanya ini untuk mengembangkan infrastruktur pasif telekomunikasi dan beberapa infrastruktur telekomunikasi lainnya. Untuk pembentukan ini Moratelindo menguasai 51% dan Mitsui 49%.

Selain itu Moratelindo dan Mitsui akan berkolaborasi dalam hal technical know-how pembangunan infrastruktur pasif telekomunikasi baik dari segi teknis sipil maupun teknis telkomunikasi, sedangkan Mitsui sendiri akan berkontribusi dalam pengaturan penataan proyek dan Moratelindo akan berkontribusi dalam hal relasi-relasi dengan pemerintahan daerah.

VP Corporate Secretary and Legal Morateindo Henry Rizard Rumopa menjelaskan tidak hanya berkolaborasi dalam pengembangan infrastruktur pasif telekomunikasi Perseroan di Semarang, kedua belah pihak juga saling membuka peluang untuk menjalin kerja sama pengembangan infrastruktur pasif telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia mencakup proyek pembangunan ducting, menara telekomunikasi, pusat data dan kabel optik bawah laut.

"Nilai investasi yang dibutuhkan dalam salah satu kerja sama pengembangan infrastruktur, yaitu pembangunan ducting dan menara telekomunikasi di beberapa kota di Indonesia yang diperkirakan mencapai Rp 2,64 triliun atau US$ 170 juta," kata dia dalam konferensi pers, Rabu (16/11/2022).

Mitsui merupakan suatu perusahaan perdagangan dan investasi global yang berkedudukan di Tokyo, Jepang dengan bisnis yang terdiversifikasi yang terbentang kurang lebih di 63 (enam puluh tiga) negara di Asia, Eropa, Utara, Tengah dan Amerika Selatan, Timur Tengah, Afrika dan Oceania, dengan total aset sebesar JPY 14,923 miliar atau US$ 122,3 milliar (berdasarkan tahun buku 31 Maret 2022).

Mitsui memiliki sejarah panjang di Asia, di mana Mitsui telah membentuk portofolio bisnis dan mitra yang beragam dan strategis yang memberikan keunggulan pembeda yang kuat, menyediakan akses luar biasa bagi semua mitra global ke wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan memperkuat portofolio internasionalnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang bisnis Mitsui & Co.

Kehadiran Mitsui sebagai mitra tentunya memberikan dampak positif terhadap Perseroan. Selain dapat memperluas ekspansi bisinis Perseroan, kolaborasi Perseroan dengan Mitsui diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari ekosistem layanan telekomunikasi dan digital yang berkelanjutan.

Serta mewujudkan smart city yang estetis guna menciptakan lingkungan kota yang lebih tertata dan bersih dari kabel optik yang ada diudara dan juga mendorong persebaran infrastruktur telekomunikasi kota yang merata serta mengembangkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pertumbuhan industri dan jasa telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia.

Nantinya dari investasi ini direncanakan akan dibangun menara sekitar 860 site dan pembangunan ducting di beberapa kota.

"Investasi ini ditargetkan sampai 2027. Untuk permodalan akan disuntikkan secara bertahap. Perusahaan juga sedang menjajaki dengan bank lokal dan bank Jepang untuk pendanaan," ujarnya.



Simak Video "Soal Lelang Kepulauan Widi, Pengelola Sebut Hanya Cari Investor"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT