Sempat Mandek, Proyek Tol Padang-Sicincin Diprediksi Kelar Awal 2024

ADVERTISEMENT

Sempat Mandek, Proyek Tol Padang-Sicincin Diprediksi Kelar Awal 2024

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 15:42 WIB
Tol Padang-Sicincin
Proyek tol Padang Sicincin/Foto: dok. Hutama Karya
Jakarta -

Beberapa ruas Tol Trans Sumatera yang sedang konstruksi ditargetkan rampung dan bisa beroperasi pada pertengahan 2023. Sementara, ruas tol Padang-Sicincin diprediksi kelar pada 2024

"Secara umum kami laporkan bahwa semua ruas ini akan selesai pada pertengahan 2023, kecuali untuk ruas Padang-Sicincin yang karena kemarin karena ada keterlambatan dalam penyerahan lahan, ini baru akan selesai di awal 2024," ujar Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VI DPR, dikutip dari kanal YouTube Komisi VI, Selasa (15/11/2022).

Menurut Budi proyek Tol Padang-Sicincin kini sudah dimulai kembali, dengan lahan sudah mencapai 72% dan konstruksi 45%.

Selain itu, Budi menjelaskan, menurut instruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hutama Karya diminta lebih dulu menyelesaikan ruas tol yang menjadi backbone atau tulang punggung yang menghubungkan ujung ke ujung Pulau Sumatera.

Oleh sebab itu, kini Hutama Karya sedang dalam tahap pembebasan lahan ruas Betung hingga Jambi yang merupakan tahap III dari Tol Trans Sumatera.

"Jadi tahap III, dari Betung sampai Jambi ini akan segera dimulai," kata Budi.

"Pekerjaan fisik akan masuk awal-awal 2023 nanti, sehingga diharapkan tahun 2024 nanti dari Bakauheni sampai Jambi sudah nyambung," lanjutnya.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Tol Trans Sumatera seksi Padang-Sicincin sempat terhenti karena terkendala pembebasan lahan pada 2021. Dengan kata lain, pembangunannya mangkrak selama 1,5 tahun.

Ruas Tol Padang-Sicincin sudah diresmikan pembangunannya sejak 2018 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tol sepanjang 36 km ini merupakan bagian dari koridor pendukung (feeder) yang berada di koridor Pekanbaru hingga Padang sepanjang 254 km.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT