Akses Tol Bitung Dibuka Usai Banjir Surut, Lalu Lintas Normal

ADVERTISEMENT

Akses Tol Bitung Dibuka Usai Banjir Surut, Lalu Lintas Normal

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Kamis, 17 Nov 2022 07:52 WIB
Penampakan banjir di Tol Bitung, Tangerang, Senin (14/11/2022).
Foto: Penampakan banjir di Tol Bitung, Tangerang, Senin (14/11/2022). (Foto: Dok. Jasa Marga)
Jakarta -

Akses Tol Bitung yang sempat tergenang banjir mulai berangsur surut. Setelah dilakukan pembersihan lajur dan dipastikan aman, akses Bitung mulai dioperasikan pada Kamis, 17 November pukul 02.00 WIB.

Melansir keterangan tertulis Jasa Marga, Kamis (11/7/2022), lalu lintas di akses tol tersebut juga kembali normal, baik akses keluar Bitung dari Jakarta, maupun akses masuk Bitung dari Cikupa, Tangerang.

Genangan di akses Bitung terjadi akibat curah hujan tinggi pada 13 November lalu, serta tingginya debit air di Kali Sabi dan Sungai Kali Manis. Jasa Marga secara bertahap mengfungsikan hingga total 19 pompa.

Pompa tersebut terdiri dari 2 pompa submersible eksisting berkapasitas 60 liter/detik dan 30 liter/detik. Serta 16 pompa mobile dengan kapasitas 80 liter/detik dan 1 pompa mobile berkapasitas 30 liter/detik.

Jasa Marga juga telah lakukan upaya lainnya seperti perkuatan tanggul sementara yang dapat memisahkan aliran air dari waduk dengan air genangan di badan jalan tol. Selain itu juga menambah volume tampungan air dengan pengerukan di polder sebanyak 9.000 m3 dan melakukan pelebaran saluran di sisi Utara jalan tol yang menuju ke Sungai Kali Manis.

Upaya ini dapat meningkatkan kapasitas aliran air di saluran tersebut. Adapun upaya penanganan jangka panjang, Jasa Marga akan membuat tambahan crossing saluran berupa gorong-gorong

Jasa Marga juga melakukan perawatan dan pengerukan polder secara berkala dari sampah dan sedimentasi, serta meneruskan program rutin dan berkala terkait perawatan dan pembersihan saluran-saluran air.

Simak video 'Gerbang Tol Bitung Masih Tergenang, Kendaraan Tertahan!':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT