ADVERTISEMENT

Kereta Cepat JKT-BDG Jadi Pakai Nama Jamparing Usulan Ridwan Kamil?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 17 Nov 2022 15:04 WIB
EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung
EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. KCIC
Jakarta -

Kereta Cepat Jakarta-Bandung disiapkan untuk memiliki nama. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan nama untuk kereta cepat Jakarta-Bandung ditentukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini diungkapkan olehnya dalam unggahan video terbaru di akun Instagram resmi @ridwankamil. Dalam videonya terlihat Ridwan Kamil nampak menjajal kereta inspeksi untuk diuji coba.

"Kita tunggu apa namanya dari Presiden Joko Widodo," ungkap Ridwan Kamil dalam unggahan video yang dilihat detikcom, Kamis (17/11/2022).

Ridwan Kamil diminta untuk mencari nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebelum diresmikan. Hal ini sesuai dengan arahan Jokowi saat meninjau stasiun kereta cepat di Tegalluar pada Oktober yang lalu. Ridwan Kamil bilang Jokowi ingin masyarakat Jabar dilibatkan dalam penamaan kereta cepat sebelum diresmikan.

Saat itu dia bilang sudah ada beberapa nama KCJB yang sempat diusulkan. Salah satunya 'Jamparing'. Kosakata Sunda yang memiliki arti anak panah tersebut bermakna melesat atau cepat.

"Banyak yang bagus, ada Jamparing, itu anak panah karena melesat dan itu namanya Sunda pisan walaupun enggak ada singkatannya," ujar Ridwan Kamil.

Nah kabar terakhir, Ridwan Kamil mengatakan sudah ada 16 ribu komentar ke media sosialnya soal usul penamaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Ridwan Kamil bilang pihaknya akan memilih 10 nama untuk kemudian diberikan ke Jokowi. Nanti Jokowi akan memilih satu dari 10 nama tersebut untuk menjadi nama resmi kereta cepat.

"Ada 16 ribu yang ngasih ngomen. Nanti diseleksi oleh tim saya 10 nama. Nanti saya diserahkan ke pak Presiden, karena beliau yang berkenan. Tapi idenya yang penting kecepatan," kata Ridwan Kamil usai menjajal kereta cepat, Rabu (16/11/2022) kemarin.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT