Gempa Cianjur Berimbas Longsor di Jalur Puncak, PUPR Kirim Alat Berat

ADVERTISEMENT

Gempa Cianjur Berimbas Longsor di Jalur Puncak, PUPR Kirim Alat Berat

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 21 Nov 2022 16:44 WIB
Gempa Cianjut/Dok PUPR
Foto: Gempa Cianjur/Dok Kementerian PUPR
Jakarta -

Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 baru saja terjadi, dengan pusat di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kondisi ini mengakibatkan kerusakan infrastruktur kawasan, salah satunya tanah longsor di ruas jalan nasional Puncak-Cipanas-Cianjur hingga lalu lintas lumpuh dan pengendara terpaksa dialihkan.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra Atmawidjaja, mengatakan, pihaknya tengah mengirimkan personil serta alat berat dari lokasi terdekat menuju ke lokasi, untuk pembersihan jalan yang persisnya berada di Kecamatan Cugenang tersebut.

"Kita sedang mobilisasi personil dan alat berat dari lokasi terdekat (sekitar 10 km) untuk pembersihan jalan nasional dari pohon tumbang dan tanah dari longsoran tebing. Dimaksudkan agar lalu lintas pada jalan nasional dari Puncak-Cipanas-Cianjur kembali normal," kata Endra, saat dihubungi detikcom, Senin (21/11/2022).

Endra mengatakan, selain lokasi tanah longsor tersebut, hingga saat ini titik-titik ruas jalan yang terdampak serius. Karena itulah, pihaknya masih terus melakukan penyisiran jalanan.

"Teman-teman sedang bergerak ke lapangan untuk menyisir tadi kondisi jalan-jalan nasional. Jadi tugas utama kita sekarang membersihkan longsor dan juga memulihkan kondisi lalu lintas yang terkendala pohon-pohon yang tumbang ataupun jaringan kabel listriknya yang tumbang," terang Endra.

Tidak hanya tanah longsor, menurut laporan yang diterimanya, ruas-ruas jalan di Kabupaten Cianjur dipenuhi dengan pepohonan hingga tiang listrik yang tumbang. Bahkan, sampai ditemukan jalanan yang retak karena gempa.

"Titik-titiknya sedang kita identifikasi di mana saja, tapi yang jelas itu di ruas ruas jalan nasional. Bahkan di beberapa tempat bukan hanya pohon yang tumbang, kemudian juga ada tiang listrik, kemudian ada juga yang retak jalannya," lanjutnya.

Belum banyak informasi yang diterima PUPR melalui laporan dari lapangan. Karena itulah, Endra berharap, nanti malam pihaknya sudah bisa mendapatkan gambaran lebih detail dan jelas mengenai status jalanan di lokasi gempa.



Simak Video "Kapolri Pastikan Beri Trauma Healing untuk Para Korban Gempa Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT