2.345 Bangunan, 2 Jembatan dan Jalan Rusak Akibat Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

2.345 Bangunan, 2 Jembatan dan Jalan Rusak Akibat Gempa Cianjur

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 22 Nov 2022 07:35 WIB
Warga melintas di depan rumahnya yang rusak akibat gempa di Desa Cibeureum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Cianjur menyebabkan ratusan rumah di kawasan tersebut mengalami kerusakan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Jakarta -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaporkan data kerusakan infrastruktur dan bangunan, imbas dari gempa bumi berkekuatan 5,6 M yang melanda Kabupaten Cianjur Senin kemarin.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD per Senin 21 November pukul 20.00, gempa berimbas pada kerusakan sebanyak 2.345 unit rumah atau bangunan, 2 jembatan dan jalan, serta longsor di jalan nasional.

"Dampak dari kejadian tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan rumah, gedung dan toko serta menimbulkan korban jiwa, baik luka maupun meninggal dunia. Serta telah terjadi longsor di beberapa tempat," ungkap BPBD dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (22/11/2022).

BPBD pun menjabarkan secara detail beberapa lokasi infrastrukturnya sebagai berikut. Untuk tanah longsor terdapat dua titik yakni Jalan Nasional Tapal Kuda Cugenang dan Jalan Kabupaten Desa Cijedil.

Bangunan sekolah yang rusak yaitu ada UNSR, SMANDA, SD Ibu Dewi, SMK Medika, Ponpes Al-Muhamadiyah, Ponpes Al-Ujlah, MAN 2 Cianjur, STA AL-Azhari, SMP 1 Cianjur, dan Lembaga Pendidikan Desa Benjot.

Selanjutnya untuk fasilitas kesehatan yang terdampak antara lain RSUD Cianjur, RS Dr. Hafidz, Puskesmas Cugenang, dan BKPM.

Kemudian gedung perkantoran ada gedung BPBD, PUTR, Lapas Cianjur, Kejaksaan, Polres, KONI, Dinas Sosial, dan Kantor PCNU. Untuk masjid, ada Masjid Dekranasda, Masjid Desa Bonjot, dan Masjid Desa Cikancana.

Tidak hanya kerusakan infrastruktur, BPBD turut melaporkan sebanyak 162 orang meninggal dunia dan 326 orang luka-luka. Total ada sebanyak 13.784 orang warga yang kini mengungsi.

"Saat ini tim dari BPBD sedang melaksanakan pendataan serta assessment korban dan kerusakan dan evakuasi," terang BPBD.

Sebagai tambahan informasi, Senin kemarin terjadi gempa bumi yang berpusat di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa berkekuatan 5,6 M ini terjadi tepat pukul 13.21



Simak Video "Update Penanganan Gempa Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT