Catat Tanggalnya! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Bisa Dilewati 3 Desember

ADVERTISEMENT

Catat Tanggalnya! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Bisa Dilewati 3 Desember

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 01 Des 2022 20:00 WIB
PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dalam waktu dekat akan segera mengoperasikan tanpa tarif jalan tol Lubuk Linggau - Curup Bengkulu Seksi 3 Bengkulu – Taba Penanjung sepanjang 17,60 Km.
Tol Trans Sumatera/Foto: Dok. HK
Jakarta -

Tol Bengkulu-Taba Penanjung akan dioperasikan dalam waktu dekat. Rencananya tol sepanjang 17,60 kilometer (km) itu akan mulai difungsikan pada 3 Desember 2022.

"Surat Keputusan (SK) penetapannya sudah diterima dan kalau tidak ada perubahan mungkin 3 Desember akan mulai difungsikan," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dilansir dari Antara, Kamis (1/12/2022).

Sebelumnya berdasarkan rilis PT Hutama Karya (HK), tahap awal pembukaan tol Bengkulu-Taba Penanjung akan dioperasikan tanpa tarif. Meski begitu, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas.

"Kami mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas di antaranya yakni berkendara dengan kecepatan maksimal 80 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan," ujar Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangan tertulis.

Meski pada tahap awal masih gratis, Hutama Karya telah menerima Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022 tentang penetapan golongan jenis kendaraan bermotor dan besaran tarif tol Bengkulu-Taba Penanjung.

Untuk mendukung beroperasinya jalan tol tersebut, Hutama Karya telah menyiapkan fasilitas dan personil siaga sebanyak 101 orang yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan patroli.

Jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13-14 April 2022 dan uji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2022 dengan 45 ribu kendaraan yang melintas.

Untuk diketahui, tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan bagian dari tol Trans Sumatera ruas Bengkulu-Lubuk Linggau yang menghubungkan Bengkulu dengan Kabupaten Bengkulu Tengah.



Simak Video "Hutama Karya Kembangkan Kompos dari Maggot di JTTS"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT