Kata Menhub soal Kabar KA Parahyangan Setop Operasi Gegara Kereta Cepat

ADVERTISEMENT

Kata Menhub soal Kabar KA Parahyangan Setop Operasi Gegara Kereta Cepat

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 14:52 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi megunjungi Gerbang Tol Cikampek Utama. Kedatangannya untuk meninjau arus balik lebaran 2022 di Tol Jakarta-Cikampek.
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: Agung Pambudhy)
Maros -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi buka suara mengenai wacana KA Argo Parahyangan berhenti operasi karena beroperasinya Kereta Cepat Jakarta Bandung. Budi mengatakan, hal itu masih dalam kajian.

Dia mengatakan, prinsip dalam transportasi ialah menyediakan layanan terbaik kepada masyarakat. Dia mengatakan, kajian tersebut diperkirakan akan selesai Maret atau April tahun depan.

"Itu dalam pengkajian, jadi kan kalau namanya transportasi kan layanan kepada masyarakat tentu layanan masyarakat itu diberikan secara baik dan oleh karenanya kita lagi mengkaji tentang hasilnya seperti apa, ya mungkin nanti Maret atau April baru kita lihat sama-sama," terangnya di Bandara Sultan Hasanuddin, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/12/2022).

Ditanya mengenai apakah penumpang Argo Parahyangan akan beralih karena Kereta Cepat, Budi Karya mengatakan, hal itu membutuhkan survei.

"Itu yang kita pikirkan. Bahwa kalau kereta cepat itu kan cuma totalnya 48 menit sementara ini kan 3 jam bagaimana kemungkinannya ya kita membutuhkan survei supaya lebih akurat," ujarnya.

Budi Karya tak menepis, ada juga kemungkinan Kereta Argo Parahyangan masih operasi pada Juni 2023 nanti ketika kereta cepat beroperasi.

"Ada kemungkinan, tapi itu berdasarkan suatu pembahasan dan survei yang baik," ungkapnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT