Jokowi 3 Kali Groundbreaking, Akhirnya KA Pertama di Sulawesi Beroperasi

ADVERTISEMENT

Jokowi 3 Kali Groundbreaking, Akhirnya KA Pertama di Sulawesi Beroperasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 03 Des 2022 07:00 WIB
Kereta pertama di Sulawesi resmi beroperasi. Kereta ini melintasi 9 stasiun dan panjang lintasan 80 km.
Jokowi 3 Kali Groundbreaking, Akhirnya KA Pertama di Sulawesi Beroperasi/Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadirkan kereta di Sulawesi akhirnya terwujud. Kereta pertama Sulawesi yakni Makassar-Parepare untuk segmen Garongkong-Maros sudah diresmikan operasionalnya secara terbatas.

Kereta tersebut melintasi sembilan stasiun dengan panjang lintasan 80 km. Hingga Desember, kereta tersebut dioperasikan secara gratis.

Proyek ini sendiri pernah disorot Jokowi. Dalam catatan detikcom, Jokowi pernah mengatakan dirinya sampai harus melakukan groundbreaking tiga kali untuk memastikan proyek tidak jalan ditempat. Hal itu disampaikan Jokowi saat menutup Rembuk Nasional 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 23 Oktober 2017 silam.

Meski demikian, kala itu dia mengatakan, tetap saja proyek kereta pertama Sulawesi belum juga rampung.

"Hanya groundbreaking saja kalau satu meter ajak. Ada jalur kereta api di groundbreaking 3 kali, saya mau ke sana ini sudah di groundbreaking 3 kali. Saya perintah Menhub, sudah kerjaan dulu, minimal 7 km saya datang, sudah 12 km saya datang. Sudah di-groundbreaking 3 kali, dibohongi (belum juga selesai)," ujar Jokowi sambil menunjukkan gambar pembangunan rel kereta api di Sulawesi dengan raut muka kesal.

Namun, mimpi Jokowi itu kini terwujud. Kereta pertama Sulawesi akhirnya diresmikan operasionalnya secara terbatas oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Peresmian itu ditandai dengan penabuhan gendang di depo kereta yang terletak di Kabupaten Maros.

Petugas membersihkan gerbong KA Andalan Celebes di Stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Minggu (6/11/2022). Kementerian Perhubungan mulai melakukan uji coba jalur kereta api Makassar-Pare Pare dengan melayani penumpang dari Stasiun Garongkon di Kabupaten Barru menuju Stasiun Mangilu, Pangkep dan sebaliknya dengan tarif gratis selama pengoperasian terbatas tersebut. ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc.Petugas membersihkan gerbong KA Andalan Celebes di Stasiun Mangilu, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Minggu (6/11/2022). Kementerian Perhubungan mulai melakukan uji coba jalur kereta api Makassar-Pare Pare dengan melayani penumpang dari Stasiun Garongkon di Kabupaten Barru menuju Stasiun Mangilu, Pangkep dan sebaliknya dengan tarif gratis selama pengoperasian terbatas tersebut. ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc. Foto: ANTARA/ARNAS PADDA

Budi Karya mengatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan sebuah sejarah karena menghadirkan kereta pertama Sulawesi. Dia berharap, grand launching digelar pada Mei 2023 dan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"Hari ini tapakan sejarah cita-cita Pak Presiden Jokowi membuat Trans Sulawesi. Kita memang menghantar ini pada satu titik saya harapkan bulan Mei Pak Presiden hadir saat grand launching," katanya di Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (2/12/2022).

Pembangunan kereta pertama Sulawesi selesai penuh 2026. Cek halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT