Rangkaian Kereta Cepat Batch 2 Meluncur ke Tegalluar

ADVERTISEMENT

Rangkaian Kereta Cepat Batch 2 Meluncur ke Tegalluar

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 12 Jan 2023 10:57 WIB
Rangkaian kereta electric multiple unit (EMU) dikirim ke Tegalluar
Foto: Rangkaian kereta electric multiple unit (EMU) dikirim ke Tegalluar (Dok. KCIC)
Jakarta -

Empat rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dikirim secara bertahap menuju Depo Tegalluar, Bandung mulai Rabu (11/1) kemarin. Pengiriman kereta ini merupakan tahap yang dua.

Empat rangkaian EMU ini telah tiba di Indonesia pada 25 Desember 2022 lalu. Saat ini rangkaian EMU tersebut sudah berada di PLB Cakung.

"Alhamdulillah, rangkaian EMU dalam pengiriman batch 2 sudah mulai dimobilisasi menuju Depo Tegalluar. Semoga proses mobilisasi ini bisa berjalan lancar," kata GM Corporate Secretary PT KCIC Rahadian Ratry dalam keterangan tertulis, Kamis (12/1/2023).

Rahadian mengatakan, kedatangan empat rangkaian EMU ini menambah daftar EMU KCJB yang telah tiba di Indonesia menjadi enam rangkaian, dari 11 rangkaian yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB.

Proses pengiriman EMU batch 2 ini ke Depo Tegalluar melibatkan tim pengawalan dari tim Ditgakum Korlantas Polri. Mobilisasi EMU menuju Depo Tegalluar ini dijalankan secara bertahap dan akan berlangsung pada malam hari agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Proses pengiriman dilakukan sesuai dengan SOP dan arahan dari tim Ditgakum Korlantas Polri. Tentu Kami berterima kasih kepada seluruh pihak terkait atas kerjasamanya untuk kelancaran proyek Kereta Api Cepat pertama di ASEAN ini," paparnya.

Pada prosesnya, Rahadian mengatakan perjalanan dibagi menjadi dua periode untuk menuju Depo Tegalluar. Periode pertama berlangsung dari titik nol di PLB Cakung menuju rest area di KM 72. Di hari berikutnya atau periode kedua, pengawalan berlangsung dari rest area KM 72 menuju tujuan akhir di depo Tegalluar.

Setibanya di Depo Tegalluar, rangkaian EMU ini akan dirakit ulang sebelum kemudian dilakukan pengujian baik itu pengujian fitur kereta api cepat secara statis ataupun dinamis. Untuk 5 rangkaian kereta api cepat lainnya, Rahadian menyebutkan akan tiba di Indonesia secara bertahap hingga Maret 2023.

"Proses pengiriman dan mobilisasi EMU menuju Depo Tegalluar ini menjadi salah satu bagian dari persiapan jelang operasional. Kami memohon doa agar semua prosesnya bisa berjalan lancar dan memohon maaf apabila proses mobilisasi EMU ini mengganggu arus lalu lintas," ujarnya.

(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT