Cek di Sini! Cara Bayar Tiket LRT Jabodebek

ADVERTISEMENT

Cek di Sini! Cara Bayar Tiket LRT Jabodebek

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 12 Jan 2023 21:15 WIB
LRT Jabodebek
LRT Jabodebek/Foto: Dok. LRT Jabodebek
Jakarta -

LRT Jabodebek rencananya bakal bisa dijajal Juli 2023 mendatang. Persiapan terus dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator LRT Jabodebek, termasuk dalam menentukan alat pembayaran untuk LRT Jabodebek.

Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan LRT Jabodebek akan menerapkan sistem cashless menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE) Transportasi yang sudah ada misalnya KMT, Kartu Uang Elektronik, ataupun dompet digital alias e-wallet.

"KAI juga menyiapkan petugas pengawas stasiun, petugas loket, passanger service, cleaning service, petugas kesehatan dan security untuk mengoptimalkan pelayanan pada pelanggan di semua stasiun LRT Jabodebek," kata Kuswardojo dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).

LRT Jabodebek sendiri akan melayani masyarakat mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 23.27 WIB setiap harinya. Untuk headway atau waktu tunggunya akan berkisar di antara 4-8 menit.

"Akan hadir setiap 4 menit di Stasiun Dukuh Atas - Cawang, setiap 8 menit di Stasiun Jati Mulya - Cawang, serta setiap 8 menit di Stasiun Harjamukti - Cawang," ujar Kuswardojo.

Namun, sampai saat ini pihak KAI maupun Kementerian Perhubungan selaku regulator perkeretaapian belum mengumumkan berapa besar tarif untuk LRT Jabodebek.

Adapun, dalam catatan detikcom, PT KAI sudah pernah mengusulkan tarif LRT Jabodebek. Besarannya untuk jarak pendek sebesar Rp 5.000, dan jarak terjauh bisa menyentuh Rp 24.000. Sedangkan rata-rata tarif LRT Jabodebek Rp 15.000.

Tarif yang ada juga akan menggunakan tarif progresif. Misalnya, tarif akan bertambah tiap 3 km atau per 5 km.

(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT