RI Gaet Konsultan Inggris Siapkan Operasi LRT Jabodebek dan Kereta Cepat

ADVERTISEMENT

RI Gaet Konsultan Inggris Siapkan Operasi LRT Jabodebek dan Kereta Cepat

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 16 Jan 2023 14:19 WIB
Istimewa/BKIP
Foto: Istimewa/BKIP
Jakarta -

Dua perusahaan Inggris ditunjuk jadi konsultan pada persiapan operasional LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dua perusahaan itu adalah The Crossrail International dan PT Mott Macdonald Indonesia.

Kerja sama tersebut tertuang dalam komitmen kerja sama (cooperation of commitment/COC) antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan PT Mott Macdonald Indonesia dan The Crossrail International.

"Kedua proyek ini sedang menuju tahap akhir konstruksi, dan diharapkan kerja sama ini akan memastikan operasional kedua moda transportasi tersebut dapat dilakukan pada tahun ini dengan tingkat keselamatan yang baik," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Senin (16/1/2023).

Budi Karya mengatakan Inggris merupakan salah satu negara yang memiliki pengalaman yang baik dalam membangun infrastruktur perkeretaapian dengan berbagai teknologi dan inovasinya.

"Pengetahuan, keterampilan, dan keahlian yang dimiliki dapat kita manfaatkan untuk melakukan transfer knowledge dan alih teknologi di bidang perkeretaapian," tutur Budi Karya.

Di sisi lain, menurutnya LRT Jabodebek maupun Kereta Cepat Jakarta-Bandung sama-sama menggunakan teknologi yang tinggi. Maka dari itu, kerja sama antara Indonesia dan Inggris ini sangat dibutuhkan untuk memastikan operasional kedua transportasi umum baru di Jakarta ini aman dan lancar.

Untuk diketahui, LRT Jabodebek dikembangkan dengan Communication-Based Train Control (CBTC) dan sistem Grade of Automation (GoA) level 3, yang memungkinkan LRT Jabodebek dioperasikan tanpa masinis. Sementara itu, Kereta Cepat Jakarta-Bandung menggunakan teknologi GSM-R yang merupakan pertama kalinya digunakan di Indonesia.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT