Ini Dia Calon Tol Terpanjang di Indonesia, Hubungkan Jabar-Jateng

ADVERTISEMENT

Ini Dia Calon Tol Terpanjang di Indonesia, Hubungkan Jabar-Jateng

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 08:00 WIB
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022). Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas) pembangunan jalan tol tersebut ditargetkan dapat digunakana pada lebaran 2023 untuk akses jalan menuju Bandara Kertajati dan mengurai kemacetan jalan Nasional Bandung ke Majalengka. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah /foc.
Ilustrasi Jalan Tol/Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) akan mulai dibangun dalam waktu dekat. Jalan tol ini digadang-gadang akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Melansir dari situs simpulkpbu.pu.go.id, pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk menghubungkan Jawa Barat dengan Jawa Tengah serta mendukung pariwisata di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Di sisi lain, berdasarkan catatan detikcom, tol yang akan melintasi provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ini memiliki panjang 206,65 km. Di wilayah Jawa Barat, Tol GeTaCi membentang sepanjang 171,40 km dan di Jawa Tengah panjangnya 35,25 km.

Dikutip dari dokumen pengumuman hasil pelelangan pengusahaan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap di laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, terungkap tarif tol terpanjang ini rencana akan sebesar Rp 2.025/Km, untuk golongan I pada operasi 2024.

Berdasarkan dokumen yang sama disebutkan juga investasi total dari tol terpanjang ini sebesar Rp 56,2 triliun. Sedangkan untuk pembangunan, tol ini akan digarap oleh konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. & PT Jasa Sarana - PT Daya Mulia Turangga - Gama Group.

Sementara itu, untuk jangka waktu kerja sama proyek ini memiliki masa konsensi 40 tahun sejak Surat Perintah Mulai Kerja.

Jalan tol ini terbagi atas empat seksi. Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 km, seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 km, Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 km, dan Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 km.

Jalan tol akan dibangun selama dua tahap, tahap pertama yang targetnya selesai di 2024 rencananya akan merampungkan seksi 1 dan 2, sedangkan tahap kedua akan merampungkan seksi 3 dan 4 dengan target penyelesaian pada tahun 2029.

Bicara soal tarif, bila ditotal-total maka kemungkinan tarif dari Gedebage ke Cilacap bisa mencapai Rp 418.466. Jumlah itu didapatkan dari perhitungan proyeksi tarif sebesar Rp 2.025 per km dikalikan total panjang jalan tol Getaci yang mencapai 206,65 km.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT