Tol Cibitung-Cilincing Hampir Rampung, Cikarang Bablas ke Tanjung Priok

ADVERTISEMENT

Tol Cibitung-Cilincing Hampir Rampung, Cikarang Bablas ke Tanjung Priok

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 11:39 WIB
Tol Cibitung-Cilincing telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Begini potret Tol Cibitung-Cilincing dari udara.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,76 km segera tersambung seluruhnya dan telah beroperasi sebanyak 3 seksi. Jalan tol yang menghubungkan kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok ini memiliki total 4 seksi.

Seksi pertama yang sudah beroperasi yakni Seksi 1 ruas SS Cibitung-Telaga Asih sepanjang 3,03 km yang sudah beroperasi sepanjang 2,65 km sejak 2021 lalu.

Selanjutnya Seksi 2 dan 3 Telaga Asih-Tarumajaya sepanjang 24,45 km yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Kemudian untuk Seksi 4 ruas Tarumajaya-Cilincing (7,52 km) sedang dalam tahap akhir penyelesaian konstruksi yakni telah mencapai progres sebesar 98%.

Melansir dari laman BPJT, Selasa (17/1/2023), jaringan Jalan Tol JORR 2 lainnya yang terhubung dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing yakni terdiri dari:

- Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14 km) sudah beroperasi
- Jalan Tol Kunciran-Serpong (11 km) sudah beroperasi
- Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 km) sudah selesai konstruksi seluruhnya dan siap dioperasikan.
- Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,6 km) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi Seksi 3A & 3B (Kukusan-Limo)
- Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 Km) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi Seksi 2A & 2B (Jatikarya-Cibitung).

Jalan tol yang merupakan bagian dari Jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) ini diharapkan memberi dukungan kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik, khususnya menuju kawasan industri Cibitung dan Cilincing.

Kehadiran Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan nantinya akan memiliki rest area dan logistik hub (kegiatan logistik) yang terdapat fasilitas rest area lengkap dan didukung dengan pergudangan kontainer, bengkel kontainer, pencucian kontainer, modern warehouse, serta parkir kendaraan mobil dan truk.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp 12,91 Triliun juga akan terhubung langsung dengan ruas Jalan Tol lainnya yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan yang menuju wilayah Bekasi dan sekitarnya.



Simak Video "Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing: Percepat Mobilitas Barang"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT