Menteri PUPR Kebut Operasional Tol Cisumdawu Jadi Februari 2023

ADVERTISEMENT

Menteri PUPR Kebut Operasional Tol Cisumdawu Jadi Februari 2023

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 17 Jan 2023 15:00 WIB
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022). Menurut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas) pembangunan jalan tol tersebut ditargetkan dapat digunakana pada lebaran 2023 untuk akses jalan menuju Bandara Kertajati dan mengurai kemacetan jalan Nasional Bandung ke Majalengka. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah /foc.
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) beroperasi seluruhnya pada akhir Februari 2023. Hal itu disampaikan Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI.

"Mudah-mudahan Cisumdawu ini secara total dapat kita operasikan akhir Februari atau awal Maret," kata Basuki di Komisi V Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Basuki berupaya agar tol ini bisa rampung di akhir Februari. Meski, pengelola tol berharap di bulan Maret.

"Mereka mintanya Maret, tapi saya akan upayakan akhir Februari bisa dioperasikan secara tuntas," jelas Basuki.

Dalam paparannya, disebutkan, tol sepanjang 183 km telah rampung konstruksinya di tahun 2022. Tol sepanjang 183 km ini tersebar di 17 ruas.

Salah satu tol yang pekerjaannya rampung itu ialah Tol Cisumdawu Seksi I yang menghubungkan Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,4 km. "Kalau Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi I sudah," ujar Basuki

Lihat juga video 'Jokowi Cek Terowongan Gajah di Tol Pekanbaru':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT